Mini-review: GPS SuperSpring SF550B

Siapa sangka sekarang ini teknologi GPS sudah menjadi teknologi yang ‘merakyat’? Awalnya teknologi GPS dipergunakan untuk kepentingan militer, namun dalam perkembangannya, teknologi GPS saat ini digunakan di berbagai macam perangkat, bahkan smartphone dan tablet terkini pun telah menggunakan chip GPS yang bekerja sangat baik.

Banyak aplikasi GPS yang dapat dibeli, baik itu untuk platform Android, iOS, atau Windows Phone. Namun pada artikel kali ini, penulis tidak akan membahas GPS untuk smartphone/tablet. Artikel kali ini lebih merupakan sebuah mini-review GPS terpisah yang cocok digunakan di dalam mobil.

Entah kenapa, untuk penggunaan di dalam mobil, penulis lebih merasa nyaman memakai GPS terpisah dan bukannya GPS yang terintegrasi dengan perangkat smartphone ataupun tablet. Satu hal yang utama, karena masalah keamanan, penulis masih tidak merasa aman untuk menaruh smartphone dekat kaca depan mobil karena berpotensi membuat orang menjadi berniat jahat di perempatan ataupun di tengah kemacetan. Alasan lainnya, yaitu karena penulis terbiasa meninggalkan unit GPS di dalam mobil, maka unit GPS terpisah adalah solusi yang lebih masuk akal.

Memang sekarang ini, beberapa sistem audio mobil telah dilengkapi dengan GPS internal, namun harganya masih relatif mahal jika dibandingkan dengan GPS terpisah yang bisa didapat dengan harga dibawah 800 ribu rupiah.

Unit GPS yang di review kali ini adalah unit dari SuperSpring dengan tipe SF550B. Unit ini sebetulnya merupakan model lama dan telah digantikan dengan tipe terbarunya SF555 (dapat dilihat di website SuperSpring, http://www.rajagps.com), namun setelah menggunakannya selama kurang lebih setahun, penulis merasa perlu memberikan sedikit review pada SF550B ini.

Perangkat Keras

SF550B Tampak Depan

SF550B Tampak Depan

SuperSpring SF550B memiliki layar resistive-touchscreen berukuran 5″ dengan resolusi 480×272 pixels. Resolusi ini tentunya tidak setajam layar smartphone modern, namun sudah sangat cukup untuk menampilkan peta dan informasi jalan. Untuk mengoperasikan GPS, SuperSpring menyediakan Stylus yang tersimpan pada bagian holder GPS. Tentunya layar sentuh juga dapat dioperasikan dengan sentuhan jari tangan, namun karena layarnya adalah layar bertipe resistive, maka terkadang sentuhan jari tidak terdeteksi dengan sempurna. Ini yang membedakannya dengan unit terbaru SF555, dimana pada unit GPS terbaru ini jenis layar yang digunakan adalah capasitive seperti pada layar smartphone.

Processor yang digunakan adalah SiRF ATLAS 5 berkecepatan 600 MHz, dengan RAM 128MB, dan penyimpanan built-in sebesar 4GB. Slot untuk memory eksternal tersedia sampai dengan ukuran 16GB. Spesifikasi ini dirasa cukup menunjang kelancaran operasional GPS, walaupun harus diakui bahwa GPS ini bukanlah termasuk GPS yang cepat, dimana proses penghitungan awal dan penghitungan ulang rute terkadang sedikit menghambat.

Pada bagian kiri GPS, terdapat konektor USB untuk koneksi transfer data dan sekaligus sebagai sumber daya, port headphone, port AV (Audio-Video) In, serta Slot SDCard. Tombol ON/Off unit terdapat pada bagian atas. Sedangkan bagian belakang unit GPS ditempati oleh sebuah speaker yang bersuara cukup kencang.

SF550B Tampak Kiri

SF550B Tampak Kiri

Perangkat Lunak

SF550B ini menggunakan sistem operasi Windows CE 6.0 dengan software GPS dari Navitel versi 3.5. Adapun peta nya menggunakan peta yang dibuat oleh Navigasi.net.

Penggunaan

SF550B Tampilan Utama

SF550B Tampilan Utama

Ketika GPS dinyalakan untuk pertama kali, kita akan disambut dengan layar menu utama yang berisikan icon icon GPS, Media, Games, Tools, Settings, GPS Info, Favorites, dan Explorer.

Adapun penjelasan setiap icon nya adalah sebagai berikut:

  • GPS, membawa kita menuju aplikasi GPS Navitel.
  • Media, digunakan untuk menjalankan film film ataupun lagu MP3 yang terdapat pada SD Card Eksternal.
  • Games, didalamnya terdapat beberapa games kecil dengan kualitas games yang tidak terlalu istimewa.
  • Tools, didalamnya terdapat beberapa aplikasi kecil, seperti Calculator, Converter, dan sebagainya.
  • Settings, digunakan untuk merubah pengaturan perangkat GPS.
  • GPS Info, digunakan untuk menampilkan informasi satelit GPS yang terdeteksi dan yang digunakan.
  • Favorites, digunakan untuk mengatur aplikasi yang sering digunakan kedalam satu layar.
  • Dan Explorer, digunakan untuk menampikan sistem operasi Windows CE.

Masuk ke fungsi utama GPS dengan mengklik icon GPS, maka dalam sesaat layar akan berubah menjadi tampilan GPS Navitel. Proses penguncian posisi GPS cukup cepat, selalu antara 20-60 detik bergantung kepada cuaca dan ada atau tidak nya halangan.

SF550B Navitel

SF550B Navitel

Bagi penulis, tampilan aplikasi Navitel terkesan agak ‘ramai’ jika dibandingkan dengan tampilan GPS dari Garmin. Namun penggunaannya tetap mudah, alamat tujuan dapat langsung diketikkan melalui icon ‘Cari’ yang terdapat pada layar. Bagian atas menampilkan status arah, suara, satelit, serta kapasitas batere. Sedangkan bagian kanan terdapat icon untuk menggeser layar, zoom, serta menu utama GPS Navitel.

SF550B Menu Utama Navitel

SF550B Menu Utama Navitel

Software GPS Navitel yang berpadu dengan peta dari Navigasi.net, memiliki tingkat kelengkapan dan akurasi yang dapat dibilang baik. Algoritma penentuan arah jalan yang dimiliki oleh Navitel juga baik. Beberapa kali penulis menggunakan GPS ini ke luar kota dan GPS ini mampu memberikan arah yang tepat. Navigasi.net juga terbilang cukup sering mengupdate peta nya, biasanya dalam 2-3 bulan sekali.

Perlu diingat bahwa GPS ini tidak dilengkapi dengan informasi kondisi lalu-lintas, sehingga pada kondisi tertentu bisa jadi pengguna akan terjebak dalam kemacetan. Hal ini memang menjadi poin positif bagi GPS online ataupun GPS pada smartphone, namun dilain pihak, karena GPS ini tidak mengharuskan adanya koneksi Internet, maka tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh penggunanya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, penulis memiliki kesan baik terhadap kinerja GPS SuperSpring SF550B ini. Dari sisi perangkat keras, kualitas buatannya baik, kehandalannya juga terbukti baik. Akurasi peta, algoritma penentuan arah yang baik juga menambah nilai positif pada perangkat ini. Kesan positif agak berkurang karena tampilan pada layar Navitel yang terlihat rumit dan ‘ramai’, Navitel sepertinya berusaha menampilkan terlalu banyak informasi dalam satu layar. Oh ya, kecepatan penghitungan ulang rute juga terkadang terasa agak lamban, tidak terlalu mengganggu memang, tapi cukup terasa. Namun, mengingat harga GPS ini cukup murah, maka poin negatif yang diungkapkan penulis diatas menjadi tidak signifikan. Ditambah lagi dengan kualitas after-sales service yang sangat baik, menjadikan GPS ini ‘worth-buying’, patut dibeli.

Positif:
* Layar cukup lebar dan jelas
* Software original
* Proses penguncian sinyal GPS pertama kali relatif cepat, antara 20-60 detik.
* Kualitas peta Navigasi.net baik dan cukup up-to-date
* Kinerja cukup baik
* Krn merupakan GPS offline, maka tidak ada biaya data tambahan seperti pada GPS online/smartphone
* Harga ekonomis
* Kualitas buatan cukup baik
* After-sales service sangat baik

Negatif:
* Layar touchscreen jenis resistif, sehingga kurang sensitif terhadap sentuhan jari
* Tidak ada informasi lalu-lintas, krn merupakan GPS offline
* Proses kalkulasi dan re-kalkulasi rute terkadang lamban, terutama pada perjalanan jarak jauh.
* Tampilan aplikasi Navitel terlalu padat informasi
* Masih ada sedikit bugs pada software Navitel

SKOR:

Performa: 7
Kualitas: 7
Kelengkapan: 7
Harga: 9

SKOR TOTAL: 74

Catatan: GPS tipe ini sudah digantikan dengan GPS tipe terbaru yaitu, SF555. Menurut informasi yang penulis dapatkan dari website www.rajagps.com, SF555 memiliki layar touchscreen capacitive sehingga dapat dioperasikan lancar menggunakan sentuhan jari dan memiliki memory internal yang lebih besar, yaitu 8GB.

Iklan

4 thoughts on “Mini-review: GPS SuperSpring SF550B

  1. ato shinji berkata:

    assalamualaikum Gan.
    ne mau tanya klo gps ini milik ayah saya kok gak ada tampilan menu ya gan?
    siapa tau punya solusi?

    Suka

    • Danny D berkata:

      Wa’alaykumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
      Tampilan peta GPS nya muncul tapi tidak ada menu nya? Kalau merek GPS nya SuperSpring sih bawa aja ke Service Centernya mas, biasanya proses perbaikannya bisa ditunggu koq… informasi lebih lanjutnya ada di situs http://www.rajagps.co.id. Paling oleh SC tersebut di install ulang jika programnya bermasalah.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s