Drone dapat di ‘hack’ karena berpotensi memiliki celah keamanan

Ilustrasi Drone - sumber foto: AP Photo/Rick Bowmer

Ilustrasi Drone – sumber foto: AP Photo/Rick Bowmer

Seorang mahasiswa Cybersecurity asal Jerman, Nils Rodday, membuktikan bahwa pengendalian drone dapat diambil alih dari jarak jauh jika pembuat drone tersebut mengabaikan fitur keamanan. Penelitian ini dia lakukan sebagai bagian dari tugas perkuliahan S2-nya di salah satu universitas di Belanda dan dipresentasikan pada konferensi RSA Cybersecurity di San Fransisco, Amerika Serikat.

Nils Rodday berkata bahwa dalam penelitiannya tersebut, dia bekerjasama dengan sebuah perusahaan pembuat drone untuk melakukan inspeksi keamanan terhadap drone yang mereka produksi, dan ternyata Nils menemukan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak berwenang untuk mengambil alih drone.

Sebagian besar drone beroperasi secara remote, menggunakan sinyal radio yang dikirimkan oleh sebuah chip yang berada dalam pengendali. Jika sinyal radio yang digunakan tidak di enkripsi secara benar, maka pihak lain, dalam hal ini Nils Rodday, dapat ‘menguping’ sinyal yang dikirimkan oleh kontroler, mempelajari perintah perintah yang berhubungan dengan penerbangan drone tersebut, dan kemudian mengambil alih pengendalian.

Nils Rodday lebih lanjut mengatakan bahwa enkripsi melalui channel XBee yang digunakan drone harus diaktifkan untuk mencegah hack, sayangnya drone yang dianalisa oleh Nils tidak mengaktifkan fitur enkripsi tersebut, padahal opsi-nya telah tersedia.

Lagi-lagi ini menjadi sinyal peringatan bagi para pembuat perangkat canggih untuk selalu memperhatikan aspek keamanan dari perangkat yang diproduksinya. Semakin kompleks sistem yang mereka bangun maka semakin besar potensi adanya celah keamanan. Perangkat elektronik modern saat ini memiliki ratusan ribu atau bahkan jutaan baris kode program, sedikit saja lalai untuk memperhatikan kode kode yang terutama berhubungan dengan keamanan dan keselamatan, maka musibah telah siap menanti.

(sumber: news.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s