Hasil benchmark Snapdragon 820, Apple A9, dan Exynos 8890 resmi dirilis AnTuTu

Membandingkan kecepatan produk chipset smartphone hanya dengan menjalankan satu jenis benchmark memang belum tentu objektif. Namun tetap saja hasil benchmark tersebut bisa dijadikan acuan awal mengenai perbandingan kecepatan antara chipset yang beredar di pasaran. AnTuTu sebagai salah satu aplikasi benchmarking yang cukup populer dipergunakan, baru baru ini merilis daftar resmi hasil benchmark chipset smartphone yang baru baru ini diramaikan dengan munculnya Snapdragon 820, Exynos 8890, serta Kirin 950. Siapakah yang tercepat diantara mereka dan beberapa chipset terkenal lainnya, seperti Apple A9?

Ternyata hasilnya sesuai dengan prediksi awal yang banyak beredar di Internet, Snapdragon 820 kali ini menjadi jawara benchmark AnTuTu baik dari sisi performa CPU maupun performa GPU. Apple A9, yang tahun lalu memperoleh posisi pertama, kali ini terpaksa sedikit mengalah menjadi posisi ke dua, bukan hal yang buruk, sama sekali tidak, mengingat bahwa chipset A9 dari Apple ini merupakan produk yang dirilis tahun 2015 yang lalu. Posisi ketiga diperoleh Exynos 8890 yang dipergunakan oleh salah satu varian Samsung Galaxy S7 (beberapa negara lainnya, seperti Amerika Serikat, akan mendapatkan Samsung Galaxy S7 yang menggunakan chipset Snapdragon 820).

Pada score CPU, Qualcomm Snapdragon 820 mencapai angka 136.383, Apple A9 mengikuti dengan angka 132.657, sedangkan Exynos 8890 pada angka 129.865. Ketiga nya mendapatkan skor rata rata yang tidak terlalu jauh. Kirin 950, yang merupakan chipset hasil karya internal Huawei, mendapatkan posisi ke empat namun dengan angka yang cukup jauh pada 92.746.

Yang cukup membelalakan mata adalah hasil benchmark dari chipset Snapdragon 650 dan 652. Kedua chipset tersebut diposisikan Qualcomm sebagai chipset kelas menengah tahun 2016 ini, namun lihat hasil benchmarknya, mengalahkan Snapdragon 808 dan mendekati Snapdragon 810 yang 1-2 tahun lalu masih dianggap sebagai salah satu chipset performa tinggi.

Benchmark AnTuTu - CPU - antutu.com

Benchmark AnTuTu – CPU – antutu.com

Performa GPU memposisikan Snapdragon 820 pada posisi dominan. Jika pada benchmark CPU hasil yang dicapai Snapdragon 820 tidak terlalu berjauhan dengan Apple A9, namun pada benchmark GPU jarak antara keduanya menjadi cukup jauh. Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530 mendapatkan angka 55.098, bandingkan dengan Apple A9 yang mendapatkan angka 39.104, jarak antar keduanya terlihat cukup jauh. Posisi ketiga, Exynos 8890 masih berada dibawah angka perolehan Apple namun  dengan angka yang tidak terlalu jauh pada 37.545.

Benchmark AnTuTu - GPU - antutu.com

Benchmark AnTuTu – GPU – antutu.com

Perlu diingat bahwa daftar benchmark diatas diambil dari chipset yang digunakan oleh smartphone yang telah beredar di pasaran secara global, maka itu jangan heran jika chipset terbaru MediaTeck seperti Helio X20, P20, dan chipset lainnya belum muncul pada hasil benchmark resmi AnTuTu ini.

Hasil benchmark yang dirilis AnTuTu ini kurang lebih serupa dengan hasil benchmark GeekBench yang dilakukan oleh xda.com pada tanggal 4 Maret yang lalu. Pada benchmark tersebut, posisi 1 dan 2 tetap diperebutkan oleh Apple A9 dan Snapdragon 820, walaupun memang GeekBench memisahkan benchmark performa single-core dan multi-core.

Berikut adalah hasil benchmark yang dilakukan oleh situs xda-developers.com, sayangnya Exynos 8890 belum disertakan pada benchmark tersebut.

GeekBench CPU - xda-developers.com

GeekBench CPU – xda-developers.com

GeekBench GPU - xda-developers.com

GeekBench GPU – xda-developers.com

(sumber: xda-developers.com dan antutu.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s