Pengguna Mac perlu waspada, ransomware KeRanger mulai mencari mangsa

Apa itu ransomware? ransomware merupakan sebuah malware dengan misi mendapatkan uang tebusan dari pengguna komputer yang terinfeksi. Bagaimana caranya? dalam hal ransomware

"Wounded Apple" - kaspersky.com

“Wounded Apple” – kaspersky.com

terbaru yang menjangkiti sistem operasi OS X, malware tersebut akan meng-enkripsi file file penting pada komputer sehingga tidak dapat dibaca sama sekali, kemudian akan meminta tebusan uang (biasanya berupa bitcoin) senilai kurang lebih US$ 400.

KeRanger, begitu nama ransomware pada komputer Mac yang ditemukan oleh para peneliti keamanan di Palo Alto Networks. KeRanger ini menyebar melalui sebuah aplikasi BitTorrent terkenal yang bernama Transmission. Aplikasi Transmission biasanya digunakan pengguna Mac untuk mengakses file file di internet yang biasanya merupakan file aplikasi atau multimedia tidak resmi / bajakan.

Beberapa versi aplikasi Transmission yang beredar di Internet dan situs resminya ternyata telah disusupi oleh kode kode malware KeRanger. Jika seorang pengguna memasang aplikasi terinfeksi ini ke dalam PC atau Notebook nya, maka sebuah file berbahaya didalamnya akan dijalankan. Dalam satu-dua hari pertama komputer akan terlihat berjalan normal, namun mulai hari ketiga KeRanger akan menghubungkan dirinya dengan beberapa server melalui jaringan Tor dan mulai meng-enkripsi beberapa file penting tanpa sepengetahuan pengguna. Setelah berhasil mengunci sistem, maka kemudian permintaan tebusan uang akan diterima oleh pengguna. KeRanger ini juga ternyata dapat meng-enkripsi file backup Time Machine, sehingga komputer yang terinfeksi tidak dapat me-recover systemnya tanpa meng-install ulang dari awal kembali.

Para peneliti di Palo Alto Networks telah menginformasikan hal ini kepada Apple dan para programmer Transmission pada 4 Maret yang lalu, dan Apple telah me-nonaktifkan security-certificate yang dimanfaatkan oleh KeRanger serta meng-update XProtect, software antivirus milik mereka. Situs resmi Transmission pun telah menghapus aplikasi yang terinfeksinya dari situs mereka.

Transmission merekomendasikan para pengguna aplikasinya untuk segera mengganti program yang terpasang dengan versi terbarunya, 2.92, untuk menghilangkan KeRanger.

Dengan kejadian ini, pengguna Mac sudah harus mulai waspada, walaupun memang tingkat infeksi pada OS X masih lebih rendah daripada yang dialami oleh Windows, namun menyebarnya KeRanger ini membuktikan bahwa OS X pun tidak imun. Apple telah sangat menyadari hal ini. Jika tidak, mengapa mereka bersusah payah untuk membuat XProtect yang merupakan aplikasi perlindungan terhadap malware dan virus berbahaya?

(sumber: news.com)


*adv.: Ingin melindungi Mac kesayangan anda dari serangan virus, malware, spyware, dan ransomware? gunakan KASPERSKY Tech Titan Essential Suite 2016.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s