IDC memprediksi penurunan penjualan tablet akan terjadi tahun 2016 ini

Surface Pro 4Pada tanggal 8 Maret yang lalu, IDC mengeluarkan laporan prediksi trend penjualan tablet pada tahun 2016. Dalam laporan tersebut, IDC menyebutkan bahwa penjualan tablet keseluruhan akan menurun sekitar 5,9%. Ini terjadi karena diperkirakan para calon pembeli akan lebih memilih perangkat 2-in-1 yang akhir akhir ini banyak diperkenalkan. Windows 10 akan menikmati peningkatan marketshare yang signifikan karena saat ini sebagian besar notebook 2-in-1 yang banyak dicari di pasaran merupakan perangkat berbasis Windows 10.

Memilih notebook 2-in-1 berbasis Windows 10 sepertinya akan menjadi pilihan yang tepat, mengingat perangkat ini tetap dapat difungsikan sebagai tablet biasa, namun juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi produktifitas seperti Office, CAD, dan lain sebagainya.

Laporan IDC juga menyebutkan bahwa diperkirakan pada tahun 2016 ini perkembangan penjualan perangkat 2-in-1 akan mencapai angka 73%, sungguh suatu angka yang menggiurkan mengingat penjualan smartphone dan tablet akhir akhir ini terlihat mulai stagnan bahkan cenderung menurun. Peningkatan marketshare notebook 2-in-1 berbasis Windows 10 ini akan berdampak negatif terhadap penjualan tablet berbasis iOS, demikian yang diprediksi oleh IDC, sementara tablet berbasis Android belum akan terpengaruh sampai dengan tahun 2020 nanti.

YoY Growth Prediction

(sumber: IDC via gsmarena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s