Fitur baru Android N diperlihatkan pada versi ‘developer preview’

Walaupun masih pada tahap ‘developer preview‘ alias versi awal yang hanya diperuntukkan bagi para pembuat aplikasi, namun fitur-fitur baru Android N, penerus dari Android Marshmallow, sudah mulai terlihat.

Google, kemarin, secara mengejutkan merilis Android N versi developer preview kepada para pembuat aplikasi. Google beralasan bahwa dengan merilis developer preview lebih awal, maka mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan feedback dari para programmer mengenai stabilitas ataupun fitur yang perlu diperbaiki atau ditambahkan. Android N ini rencana nya akan dirilis secara resmi sekitar bulan Juni – September nanti.

Di bawah ini adalah fitur fitur baru yang akan muncul pada Android N nantinya.

Fitur pertama: Notifikasi yang lebih baik
Dengan Android N, pengguna dapat membalas message ataupun email langsung dari layar notifikasi tanpa perlu membuka terlebih dahulu aplikasi yang bersangkutan. Fitur ini sudah cukup lama tersedia pada iOS milik Apple, dan kali ini Android memutuskan untuk mengimplementasikan hal yang sama pada sistem operasi terbarunya.
Proses membuka notifikasi masih sama dengan Android pendahulunya, yaitu dengan menarik layar bagian atas ke bawah. Perbedaannya adalah, jika pada Android sebelumnya, shortcut hanya dapat diakses dengan menarik layar bagian atas kebawah sebanyak dua kali, namun pada versi N ini, shortcut yang sering digunakan sudah ditampilkan pada layar pertama notifikasi. Layar kedua notifikasi berisi menu untuk merubah shortcut utama, dan juga terdapat beberapa shortcut tambahan yang jarang dipergunakan.

Layar notifikasi Android N - gsmarena.com

Layar notifikasi Android N – google.com

Fitur kedua: Split-screen multitasking
Di dunia Android, Samsung adalah yang pertama kali mengimplementasi split-screen multitasking. Namun kini, Android N juga mendukung fitur ini secara resmi. Dengan fitur split-screen multitasking, pengguna dapat menjalankan dan menampilkan dua aplikasi secara bersamaan. Saat berita ini diturunkan, memang baru beberapa aplikasi saja yang mendukung fitur ini, namun diharapkan pada saat peluncuran resminya nanti, jumlah aplikasi yang mendukung split-screen multitasking akan bertambah banyak.

Split-screen multitasking Android N - gsmarena.com

Split-screen multitasking Android N – google.com

Fitur ketiga: Doze dan Svelte yang disempurnakan
Dua fitur ini sebetulnya telah ada di Android Marshmallow namun pada Android N, keduanya sudah disempurnakan demi meningkatkan daya tahan baterai pada smartphone dan tablet.
Pada Marshmallow, Doze akan menghentikan aktifitas latar belakang jika smartphone berada pada posisi diam (tidak bergerak karena diangkat) setelah beberapa lama. Pada Android N, implementasinya sedikit berubah, karena kini Doze mulai menghentikan aktifitas program di latar belakang jika ia mendeteksi bahwa layar dalam kondisi tidak aktif walaupun smartphone dalam kondisi bergerak. Contoh nyatanya begini: Pada Marshmallow, smartphone tidak akan benar benar ‘tidur’ pada saat dikantungi oleh pengguna yang sedang berjalan, ini karena Doze menganggap gerakan tersebut sebagai aktifitas. Berbeda dengan Android N, walaupun dikantungi oleh seorang pengguna yang sedang beraktifitas, selama layar dalam posisi tidak aktif, Doze akan menghentikan seluruh proses program di latar belakang, sehingga umur baterai akan lebih panjang.

Doze pada Android N - gsmarena.com

Doze pada Android N – google.com

Fitur Svelte juga diperbaharui dengan sedikit merubah pengaturan event broadcast. Event CONNECTIVITY_ACTION kini tidak lagi membuat aplikasi di latar belakang menjadi aktif. Event CONNECTIVITY_ACTION ini muncul jika ada aktifitas pada jaringan, seperti perubahan dari 3G ke WiFi misalnya, atau sebaliknya.
Event ACTION_NEW_PICTURE dan ACTION_NEW_VIDEO yang aktif pada saat pengguna menjalankan aplikasi kamera, pada Android N tidak lagi menyebabkan aplikasi lain di latar belakang menjadi aktif. Hal hal seperti ini memang terlihat sepele, tapi bagi Google, ini penting untuk memastikan efektifitas penggunaan baterai.

Fitur Keempat: Aplikasi Settings yang lebih baik
Aplikasi Settings bawaan Android N juga mengalami beberapa perubahan penting. Kini setiap opsi yang muncul pada layar setting utama akan dilengkapi dengan sedikit informasi pada bagian bawahnya. Contohnya, menu Baterai kini menampilkan informasi kondisi baterai, menu Penyimpanan kini menampilkan sisa besaran penyimpanan.
Menu Data Saver juga kini hadir untuk mengatur penggunaan data pada aplikasi. Night Mode juga diperkenalkan pada Android N ini, dimana dengan mengaktifkan Night Mode, maka warna layar akan lebih ‘hangat’, warnanya akan sedikit menguning, sehingga lebih nyaman untuk dipandang pada kondisi gelap.

Demikian beberapa fitur yang dapat terlihat pada Android N Developer Preview yang baru saja dirilis Google. Perlu diingat bahwa sejalan dengan waktu menjelang rilis resminya, beberapa fitur lain mungkin akan ditambahkan atau diperbaharui, artikel ini akan di-update untuk mengikuti perkembangan tersebut.

(sumber: gsmarena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s