Tips #14: Menjadi lebih produktif dengan PortableApps

portable_apps_logo5

Bagi kita yang banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dengan komputer secara mobile, menyimpan file data pada flashdisk sudah pasti memudahkan kita untuk mengakses data data penting dimanapun berada dengan komputer siapapun selama tersedia satu port USB yang dapat dipergunakan.

Namun apa jadinya jika pada komputer yang akan kita gunakan ternyata tidak memiliki aplikasi yang sama dengan yang kita pakai untuk membuat file dokumen yang kita simpan? Apakah lalu kita harus sibuk men-download dan meng-install terlebih dahulu program yang kita perlukan? Apa jadinya jika ternyata jalur Internet tidak tersedia? Tentunya semua hal ini sedikit banyak akan mengambat progress pekerjaan kita.

Mungkin beberapa pembaca kemudian bertanya-tanya, jika sering bekerja mobile, mengapa tidak membawa sebuah notebook saja? ya betul, memang sebuah notebook dapat membantu, namun tetap saja pada kondisi tertentu, bisa jadi notebook tidak dapat dipergunakan atau tidak dapat dibawa.

Dengan kenyataan seperti itu, penulis, yang juga banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja secara mobile, memerlukan satu cara dimana selain dipakai untuk menyimpan file data, flashdisk juga dapat digunakan untuk menyimpan dan menjalankan program program yang dipergunakan oleh penulis secara rutin.

Setelah memilih dari beberapa alternatif program yang tersedia di Internet, akhirnya pilihan penulis jatuh pada aplikasi yang disediakan oleh PortableApps. PortableApps merupakan sebuah platform aplikasi Windows yang bersifat open-source dan gratis. Dengan PortableApps, maka pengguna dapat memilih aplikasi aplikasi open-source dan freeware populer untuk di-instalasikan pada sebuah flashdisk, memory card, ataupun hard disk portabel. Dengan demikian, dimanapun kita berada, selama tersedia sebuah komputer yang memiliki port USB ataupun Memory Card, maka seluruh data dan aplikasi kita dapat dijalankan seperti halnya pada komputer kita sendiri.

Sampai dengan saat artikel ini dibuat, PortableApps memiliki lebih dari 300 aplikasi yang dapat di-install, tidak ada aplikasi bajakan ataupun illegal disini, semuanya merupakan aplikasi freeware ataupun open-source yang bebas digunakan. Aplikasi yang tersedia sangat beragam, dari mulai aplikasi Word Processor, Spreadsheet, Presentation, Audio Editor, Image Viewer, Video Editor, Antivirus dan banyak lainnya.

Penulis memiliki beberapa aplikasi favorit yang selalu ter-install pada PortableApps penulis, namun yang paling dirasakan membantu adalah aplikasi Thunderbird, sebuah aplikasi email dimana semua akun email penulis yang berbasis Yahoo Mail, Google Mail, serta Email kantor penulis dapat diakses melalui program Thunderbird ini. Semuanya dalam satu tampilan layar yang terintegrasi.

Pada artikel ini, penulis akan membahas bagaimana langkah langkah untuk meng-instalasikan PortableApps pada sebuah media flashdisk.

Pertama-tama, download aplikasi PortableApps dari situs www.portableapps.com. Klik tombol kotak berwarna hijau bertuliskan “Download Now – Free”. Pada layar selanjutnya, pilih opsi “Download for Windows”. Perlu diingat bahwa walaupun PortableApps ini merupakan aplikasi Windows, namun dapat juga dijalankan melalui emulator CrossOver atau Wine, jadi bagi para pembaca yang menggunakan Mac ataupun Linux, jangan khawatir.

Situs PortableApps

Situs PortableApps

Opsi Download

Opsi Download

Save file yang di download ke direktori penyimpanan dan klik ganda file tersebut untuk memulai instalasi. Pada tampilan layar seperti dibawah ini, klik “Next” lalu klik “I Agree” untuk menyetujui dokumen persetujuan lisensi.

 Install 1

Install 2

Pada layar selanjutnya, muncul beberapa opsi: Pilih “New Install” jika hendak menginstalasikan PortableApps untuk pertama kalinya atau pilihlah ” Upgrade Existing Install” jika pembaca hendak mengupgrade versi PortableApps yang telah terpasang sebelumnya. Dalam contoh kali ini, kita pilih “New Install”

Install 3

Pada tampilan berjudul “Install Location”, terdapat beberapa pilihan lokasi instalasi aplikasi, kita pilih “Portable” karena kita hendak memasang aplikasi pada Flashdisk atau Hard Disk External lalu klik “Next”. Tunggu beberapa saat karena proses instalasi PortableApps sedang berlangsung.

Install 4

Install 5

Pada akhir proses instalasi akan muncul window baru, klik tombol “Finish” pada bagian bawah untuk memulai aplikasi PortableApps, jangan lupa untuk memastikan opsi “Run PortableApps.com Platform” tetap terpilih.

 Install 6

Pada saat pertama kali PortableApps berjalan, akan muncul daftar aplikasi aplikasi freeware dan open-source yang dapat kita instalasikan. Pilihlah aplikasi yang pembaca kehendaki dengan memberikan tanda centang (checklist) pada bagian kiri nama aplikasi. Setelah selesai memilih, klik “Next”, PortableApps kemudian akan mulai men-download aplikasi yang dimaksud dan meng-instalasikannya.

 Install 7

Install 8

Jika download dan install sudah selesai, maka pada menu PortableApps akan muncul nama nama aplikasi yang telah pembaca pilih seperti pada contoh gambar dibawah ini, dan PortableApps pun telah siap untuk digunakan. Setiap aplikasi yang telah terpasang pada Flashdisk akan dapat juga dijalankan di komputer lain.

 Menu contoh

Selanjutnya, penulis akan sedikit menjelaskan beberapa fitur yang dimiliki oleh PortableApps ini. Seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini, menu “Backup” berisi opsi “Backup Files” yang dapat digunakan untuk mem-backup seluruh dokumen dan aplikasi yang telah terpasang pada flashdisk untuk di copy kan ke tempat lain. Pembaca tinggal menentukan lokasi backup yang diinginkan. Opsi “Restore from Backup” bekerja sebaliknya, yaitu untuk mengembalikan data dan aplikasi yang pernah di backup kembali ke dalam Flashdisk.

 Install 10

Menu “Apps” berisi sub-menu untuk meng-update aplikasi aplikasi yang telah terpasang dengan versi terbarunya. Pada menu ini juga terdapat opsi untuk memasang aplikasi baru pada PortableApps dengan cara memilih opsi “Get More Apps”

 Install 11

Menu “Options” berisi beberapa setting yang berhubungan dengan tampilan serta jenis koneksi Internet yang digunakan. Contoh, untuk beberapa lokasi kantor yang menggunakan Proxy Server untuk terhubung dengan Internet, maka masukkan alamat Proxy Server tersebut pada menu “Options>Connection”.

 Options 1

Install 12

Install 13

Install 14

Untuk menjalankan PortableApps ini pada komputer lain, cukup pasangkan flashdisk yang terdapat PortableApps di dalamnya, lalu jalankan / klik-ganda sebuah program bernama Start_exemaka aplikasi pembaca pun siap untuk dijalankan.

Demikian sedikit Tips dari penulis mengenai proses instalasi PortableApps. Semoga setelah menggunakan PortableApps, pembaca juga merasakan manfaat positif seperti yang dirasakan oleh penulis. Pilihan aplikasi yang ada di PortableApps mungkin sedikit memaksa kita untuk belajar dalam menggunakannya, namun waktu yang kita luangkan untuk mempelajarinya akan terbayarkan dengan kemudahan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Percayalah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s