Gadget Android dengan chipset Snapdragon berpotensi di hack

sumber gambar: pocketnow.com

sumber: pocketnow.com

Memang bukan hal yang mudah untuk memproduksi sebuah produk ber-skala kompleksitas tinggi yang memiliki tingkat keamanan sempurna. Selalu saja ada satu-dua celah keamanan yang pada akhirnya akan terkuak.

Para peneliti keamanan di Trend Micro menemukan beberapa celah keamanan pada perangkat ber-sistem operasi Android yang menggunakan chipset Snapdragon. Celah keamanan ini memang sudah diperbaiki oleh Google dan sudah langsung didistribusikan kepada smartphone dan tablet Nexus. Yang menjadi masalah adalah, kombinasi sistem operasi Android dan chipset Snapdragon telah digunakan di lebih dari 1 miliar perangkat yang beredar di pasaran (termasuk di dalamnya smartphone, tablet, wearables, dan IoT — Internet of Things), dan hanya sedikit dari produsen perangkat tersebut yang secara rutin dan konsisten mengeluarkan patch untuk memperbaiki celah keamanan seperti yang ditemukan oleh tim di Trend Micro ini.

Dengan dua celah keamanan yang baru ditemukan ini, seorang hacker berpotensi memperoleh akses level root hanya dengan menjalankan sebuah aplikasi tertentu. Kedua celah keamanan tersebut diberi kode CVE-2016-0805 dan CVE-2016-0819. Trend Micro menyebutkan bahwa perangkat Android berbasis Snapdragon yang menggunakan versi kernel 3.10 berpotensi besar terpapar oleh celah keamanan ini, sementara Google sendiri menyatakan bahwa versi Android yang terpengaruh adalah versi lama sebelum versi 4.4.4 sampai dengan 6.0.1.

(sumber: trendmicro.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s