ARM dan TSMC bekerjasama dalam rencana produksi chip 7nm

TSMC Logo

Sejalan dengan tuntutan jaman yang menghendaki gadget ber-performa tinggi namun dengan daya tahan baterai yang lama, maka para pembuat chip pun berlomba-lomba untuk menyempurnakan proses fabrikasi chipset. Gadget modern saat ini, sebagian besar masih menggunakan proses fabrikasi 28nm, 16nm, dan 14nm. Namun ini masih dirasa belum cukup, beberapa pabrikan, seperti TSMC dan Intel, bahkan menyatakan akan mulai memproduksi chipset dengan proses fabrikasi 10nm pada akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 nanti.

Walaupun proses fabrikasi 10nm baru akan dimulai beberapa saat nanti, tapi TSMC terus bergerak maju. Baru baru ini, ARM dan TSMC mengumumkan kerjasama mereka untuk memastikan proses fabrikasi chip 7nm dapat terlaksana dalam beberapa tahun kedepan.

Dengan chip 7nm tersebut, ARM menargetkan tingkat efisiensi performa-per-daya (performance-per-watt) yang tertinggi.

TSMC memang bukan satu satu nya produsen chipset yang sedang mengembangkan metode fabrikasi 7nm ini, karena IBM sudah terlebih dahulu mengumumkan kreasi chip 7nm mereka. Hanya saja karena proses pembuatan yang dilakukan IBM menggunakan metode yang sangat baru dan inovatif sehingga biaya produksi nya masih dirasa terlalu mahal untuk saat ini. Diperkirakan chip yang menggunakan proses produksi 7nm dari IBM baru mulai meluncur sekitar tahun 2018 dan 2019, kurang lebih sama dengan perkiraan peluncuran chipset 7nm dari TSMC.

Bagaimana dengan Intel? Sudah pasti mereka juga tidak berdiam diri, memang mungkin Intel akan datang sedikit lebih lambat dalam proses fabrikasi 7nm nya, karena baru baru ini mereka mengumumkan bahwa mereka mengundurkan produksi chip 10nm nya ke tahun 2017, sehingga mungkin saja ini berarti bahwa chip 7nm Intel baru akan muncul pada akhir tahun 2019 nanti. Itu jika Intel tetap sesuai dengan rencana semula. Namun jangan pernah menganggap remeh Intel, karena sampai dengan saat ini, Intel memiliki proses produksi chip yang paling matang dan paling canggih. Mereka sangat mungkin membuat kejutan.

(sumber: tomshardware.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s