20 pabrikan mobil di AS sepakat menerapkan AEB sebelum September 2022

Apa itu AEB? AEB adalah Autonomous Emergency Braking, dimana dengan sistem ini, maka dalam kondisi darurat, berdasarkan input dari sensor (dan kamera) di bagian depan mobil, mobil akan melakukan pengereman otomatis jika sistem dalam mobil mendeteksi bahwa pengemudi tidak (belum) melakukan upaya pengereman.

Illustrasi AEB - EuroNCAP

Illustrasi AEB – EuroNCAP

Di Amerika Serikat, 20 pabrikan mobil sepakat untuk menerapkan AEB pada seluruh jajaran mobil mereka sebelum 1 September 2022 nanti. Ke-20 pabrikan itu adalah Audi, BMW, FCA, Ford, GM, Honda, Hyundai, Jaguar Land Rover, Kia, Maserati, Mazda, Mercedes, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Subaru, Tesla, Toyota, Volkswagen dan Volvo.

Hebat nya, kesepakatan ini dicapai tanpa ada intervensi dari pihak pemerintahan AS sama sekali. Kesepakatan sukarela ini dicapai para pabrikan demi mengurangi tingkat kematian akibat kecelakaan mobil.

Well, sebetulnya, ide penerapan AEB ini bukan tidak sama sekali melibatkan pemerintah AS, karena pihak NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) lah yang pertama kali mengusulkannya. Namun pada proses selanjutnya, pihak pabrikan berkumpul dan bermusyarawah secara independen tanpa “aturan” pemerintah.

Jika pembaca ingin mengetahui lebih lanjut tentang AEB, informasinya dapat di lihat di situs EuroNCAP disini.

(sumber: cnet.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s