Resmi! Microsoft mulai mengirimkan update Windows 10 Mobile

Setelah (terlalu) lama menanti, Microsoft akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa update Windows 10 Mobile telah tersedia untuk smartphone dibawah ini:

  • Lumia 1520
  • Lumia 930
  • Lumia 640 dan 640XL
  • Lumia 730 dan 735
  • Lumia 830
  • Lumia 532, 535, dan 540
  • Lumia 635 1GB, 636 1GB, dan 638 1GB
  • Lumia 430, 435
  • BLU Win HD w510u
  • BLU Win HD LTE x150q
  • MCJ Madosma Q501

Namun, berbeda dengan proses update OTA (over-the-air) biasa, pada update Windows kali ini, pengguna sebaiknya mendownload aplikasi dari Microsoft bernama “Upgrade Advisor” (pada beberapa situs internet seperti gsmarena.com disebut sebagai Update Advisor, namun pada Lumia 640XL yang dimiliki penulis, aplikasinya disebut sebagai Upgrade Advisor).

Jalankan aplikasi Upgrade Advisor untuk memeriksa apakah update Windows 10 Mobile dapat dipasang pada smartphone pembaca. Ikuti langkah langkah yang ditampilkan oleh aplikasi tersebut, jika update dinyatakan tersedia dan siap dipasang, proses updatenya sendiri dilakukan melalui menu Settings>Phone Update pada smartphone Windows 8.1 pembaca.

Screenshot langkah-langkah nya dapat dilihat dibawah ini:

Upgrade 1

Upgrade 2

Upgrade 3

Upgrade 4

Upgrade 5

Update #1: Lumia 640XL penulis sedang dalam proses upgrade ke Windows 10 Mobile. Saat ini sistem operasinya telah menjadi Windows 10, hanya saja beberapa program yang sebelumnya telah terinstall masih dalam tahap Update. Siapkan waktu sekitar 2-3 jam, tergantung kecepatan download, untuk proses upgrade.

Update #2: Setelah proses download-install selesai, penulis menghadapi kendala dimana smartphone penulis tidak dapat login ke akun microsoft, sehingga contact list menjadi kosong, dan karena itu pula beberapa program tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penulis terpaksa melakukan reset-to-factory default dan meng-install ulang seluruh aplikasi yang sebelumnya digunakan oleh penulis. Mungkin tidak semua unit akan mengalami masalah seperti yang dialami penulis, namun sebaiknya sebelum meng-upgrade ke Windows 10 Mobile, pembaca menyiapkan setumpuk kesabaran karena proses sampai segalanya kembali berjalan normal bisa menghabiskan waktu. Hari ini smartphone penulis dan seluruh aplikasinya sudah berjalan normal. Kesan awal yang dirasakan penulis adalah Windows 10 Mobile cukup berfungsi baik, namun sedikit terasa lebih lambat dibandingkan dengan Windows Phone 8.1, beberapa aplikasi yang sebelumnya ada di Windows Phone 8.1 juga menghilang dari Windows Store.

(sumber: windows.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s