FBI menyebutkan bahwa resiko hack terhadap mobil itu nyata

Ilustrasi: System Entertainment dan Kontrol sebuah mobil (Cadillac Escalade)

Foto Ilustrasi: Sistem Hiburan dan Kontrol sebuah mobil (Cadillac Escalade) – cadillac.com

FBI dan NHTSA mengeluarkan pernyataan yang cukup mengejutkan dunia otomotif. Mereka mengatakan bahwa mobil-mobil yang dilengkapi fitur-fitur canggih yang pada awalnya dibuat untuk membuat mobil lebih aman, lebih nyaman, dan lebih irit bahan bakar justru berpotensi memiliki celah keamanan yang dapat membahayakan para pengemudinya.

Mobil saat ini banyak memiliki fitur yang menghubungkan dirinya dengan internet ataupun dengan smartphone dan tablet yang memungkinkan pengemudinya membaca kondisi mesin dan bahkan menyalakan mesin dari jarak jauh. Terlihat canggih dan memudahkan memang, tapi dibalik semua itu terdapat potensi bahaya pengambil-alihan sistem elektronik mobil oleh pihak pihak yang tidak berwenang. Apakah semua ini hanya isapan jempol semata teori semata? tidak sama sekali. Pihak FBI menyatakan bahwa beberapa periset keamanan berhasil mengambil alih mobil yang sedang berjalan pada kecepatan sekitar 8-18 Kpj dan mematikan mesin serta me-nonaktifkan sistem pengereman dan kendali kemudi. Sedangkan pada kecepatan yang lebih tinggi, para peneliti mampu me-nonaktifkan kunci pintu, radio, GPS, serta lampu sein.

Cukup mengerikan bukan? bahwa memang tidak dalam setiap kasus, para hacker akan mampu mengambil alih kendali atas mobil, namun kenyataan diatas membuktikan pengambilalihan kemudi mobil sangat dimungkinkan jika para pabrikan mobil tidak menanggapi serius akan masalah keamanan ini.

Untungnya beberapa pabrikan mobil terlihat serius menanggapi hal ini, seperti Fiat-Chrysler contohnya, yang menarik sekitar 1,4 juta mobilnya karena menemukan bahwa remote kontrol mobilnya (sebagai kunci mobil dan pengatur beberapa fitur lainnya) dapat di hack. General Motors dan BMW pun sempat mengeluarkan update software untuk beberapa mobilnya karena kekhawatiran akan keamanan sistem mereka.

Jadi, jika mobil yang kita gunakan saat ini memiliki teknologi yang agak ketinggalan jaman, jangan bersedih dahulu, karena toh terlalu canggih pun jadi terlalu rentan bukan?

(sumber: cnet.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s