Apple iPhone SE dan iPad Pro 9,7 inci resmi diperkenalkan

iPhone SE

Pasar smartphone yang stagnan dan mulai menurun membuat Apple berpikir keras untuk membuat konsumen bergairah lagi untuk mengganti gadget lama nya dengan yang baru. Memang, dengan trend smartphone yang memiliki ukuran semakin membesar (5,1 – 5,7 inci), para pengguna smartphone yang lebih menyukai smartphone berukuran kecil dibawah 5 inci dihadapi dengan pilihan yang tidak terlalu banyak dengan spesifikasi yang biasanya juga tidak terlalu mengesankan, lihat saja, hampir semua versi ‘mini’ dari produsen smartphone terkemuka memiliki spesifikasi yang agak jauh lebih rendah dibandingkan dengan versi normalnya. Apple melihat hal ini dan menjadikannya sebagai peluang. Oleh karena itu diluncurkanlah Apple iPhone SE. iPhone SE memiliki ukuran layar sebesar 4 inci, namun memiliki spesifikasi yang sama kencangnya dengan iPhone 6s.

Konsep desain iPhone SE lebih mendekati iPhone 5s, namun dengan spesifikasi internal yang jauh lebih cepat, jauh lebih canggih.

Spesifikasi yang diusung iPhone SE termasuk muktahir, dengan chipset A9 dan coprocessor M9 dibenamkan dalam iPhone SE, layar Retina Display berukuran 4 inci dengan resolusi 1136×640‑pixel, pilihan penyimpanan 16GBdan 64GB, kamera utama yang memiliki resolusi 12 megapixel dengan kamera selfie 5 megapixel 1,2 megapixels, teknologi 4G, Touch ID, serta NFC (Apple Pay). Sayangnya seperti biasanya, ukuran RAM pada iPhone SE tidak di informasikan oleh Apple. Namun jika melihat bahwa spesifikasi keseluruhannya sama dengan apa yang diusung oleh saudara besarnya iPhone 6s, maka kemungkinan besar jumlah RAM yang terpasang pada iPhone SE pun adalah 2GB.

iPhone SE - apple.com

iPhone SE – apple.com

Harga iPhone SE ditawarkan dengan harga awal US$ 399 untuk versi 16GB dan US$ 499 untuk versi 64GB dan mulai akan didistribusikan pada tanggal 31 Maret nanti.

 

iPad Pro 9,7″

Jika pasar smartphone baru mulai menunjukkan penurunan, maka pasar tablet sudah mengalami penurunan yang cukup drastis. Sudah dua tahun terakhir ini penjualan tablet Apple dan tablet lainnya mengalami penurunan. Akhir tahun 2015 yang lalu contohnya, penjualan iPad mengalami penurunan 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014. Sayangnya iPad Pro 12,5 inci yang diperkenalkan Apple sebelumnya, sepertinya belum berhasil membuat pasar tablet kembali bergairah.

Dengan fakta seperti itu, Apple kembali mencoba membuat gebrakan dengan meluncurkan iPad Pro berukuran lebih kecil 9,7 inci namun dengan spesifikasi yang sama bahkan melebihi versi 12,5 inci.

iPad Pro 9.7 inci - apple.com

iPad Pro 9.7 inci – apple.com

Spesifikasi yang diusung iPad Pro terbaru ini adalah chipset A9X dengan coprocessor M9, layar 9,7 inci dengan resolusi 2048×1536 pixel, memori RAM tidak disebutkan, namun diperkirakan berukuran 4 GB, sama seperti versi 12,5 inci, memori penyimpanannya tersedia pilihan 16GB, 128GB, serta 256GB, tablet ini memiliki kamera utama 12 megapixel dengan kamera depan 5 megapixel, lebih canggih daripada kamera yang diusung pada iPad Pro 12,5″. iPad Pro 9,7″ ini ditawarkan dalam versi WiFi-only dan versi yang dilengkapi dengan koneksi LTE. Harganya mulai dari US$ 599 untuk versi 32GB WiFi, US$ 749 untuk versi 128GB WiFi, dan US$ 899 untuk versi 256GB WiFi. Harga versi LTE belum dirilis oleh Apple. Untuk mendapatkan harga versi LTE, siapkan dana tambahan US$130 dari harga versi WiFi.

Seperti hal nya iPhone SE, iPad Pro 9,7 inci ini akan mulai didistribusikan di beberapa negara pada tanggal 31 Maret nanti.

Untuk informasi spesifikasi lengkap iPhone SE dan iPad Pro, dapat klik tautan dibawah ini:

iPhone SE: http://www.apple.com/iphone-se/specs/
i
Pad Pro 9,7″: http://www.apple.com/ipad-pro/specs/

Update: informasi terbaru menyebutkan bahwa chipset pada iPad Pro 9,7 inci ini mungkin berjalan pada frekuensi kerja sedikit lebih rendah, informasi ini didapatkan dari situs Apple sendiri pada perbandingan spesifikasi antara iPad Pro 12,5 inci dan 9,7 inci. Selain itu, situs TechCrunch menyebutkan bahwa iPad Pro 9,7 inci ini hanya memiliki memori sebesar 2GB menurut software yang mereka gunakan, padahal versi 12,5 inci memiliki jumlah RAM 2 kali lebih banyak, yaitu 4GB. Apakah informasi ini benar, Apple sendiri belum memberikan komentarnya mengenai hal ini.

(sumber: apple.com, tomshardware.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s