Google merilis patch penting untuk menutup masalah bug pada kernel Linux

Celah keamanan CVE-2015-1805 pada seluruh perangkat Android yang dilengkapi dengan kernel Linux dibawah versi 3.18 membuka kesempatan para hacker untuk menyerang jutaan smartphone dan tablet . Dengan hanya menginstalasikan aplikasi biasa yang mengeksekusi perintah tertentu kepada kernel, aplikasi tersebut akan dapat mengambil alih smartphone dan menginstalasikan aplikasi jahat lainnya tanpa sepengetahuan penggunanya.

Karena tingkat bahaya yang kritis, maka Google bertindak dengan merilis sebuah patch tidak terjadwal untuk memperbaiki hal ini. Google menyebutkan bahwa mereka telah menemukan sebuah aplikasi yang memanfaatkan celah keamanan ini untuk melakukan root pada smartphone Nexus 5 dan 6, dan sejak itu Google telah menghapus aplikasi tersebut dari Play Store-nya.

Google telah mendistribusikan informasi dan patch ini kepada seluruh manufaktur smartphone yang menggunakan sistem operasi Android pada tanggal 15 Maret yang lalu, namun seperti biasanya, tidak semua pabrikan smartphone dan tablet mampu (dan bersedia) secara cepat mendistribusikan patch ini kepada para pengguna gadget-nya, sebuah masalah klasik yang selalu dihadapi Google.

C0RE Team, yang merupakan salah satu peneliti keamanan terkemuka, menyebutkan bahwa celah keamanan ini sebetulnya sudah diperbaiki sejak April 2014 di kalangan pengguna Linux pada PC, namun sayangnya perbaikannya tidak diklasifikasikan sebagai ‘security fix’ atau perbaikan keamanan. Pada bulan Februari 2016 yang lalu, C0RE Team kemudian menginformasikan Google bahwa celah keamanan ini dapat mempengaruhi Android, dan setelah itu, sebuah patch dikembangkan untuk mengatasi masalah ini.

Jadi, untuk pembaca yang menggunakan smartphone ataupun tablet Android, tidak ada salahnya jika secara reguler memeriksa apakah update terbaru sistem operasi Android telah tersedia untuk gadget pembaca.

(sumber: theregister.co.uk)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s