iOS: Celah keamanan pada sistem enkripsi iMessage ditemukan

iOSiOS 9.3 telah tersedia untuk di-download, dan banyak alasan bagi pengguna untuk segera mendownloadnya, mulai dari perbaikan kinerja, penambahan fitur Night Shift, perbaikan kapabilitas CarPlay, ataupun perbaikan pada aplikasi Notes yang kini dilengkapi dengan proteksi password. Namun ada satu hal yang membuat iOS 9.3 wajib untuk segera di download, yaitu karena masalah keamanan.

Pada versi iOS sebelum 9.3, sebuah tim periset keamanan dari Universitas John Hopkins, yang terdiri dari Matthew Green, Ian Miers, Christina Garman, Gabriel Kaptchuk, dan Michael Rushanan, menemukan bahwa pesan yang dikirim melalui iMessage dapat dibuka enkripsinya untuk membaca isi pesan yang dikirim.

Mereka melakukan ini dengan mencoba menebak kunci enkripsi yang diperlukan untuk membuka pesan yang tersimpan di iClould, termasuk foto dan video di dalamnya. Ribuan kali ‘tebakan’ dilakukan sebelum akhirnya kunci enkripsi nya didapatkan.

Seperti biasa, temuan ini sudah terlebih dahulu di informasikan kepada Apple, dan Apple menyatakan bahwa sejak iOS 9 dirilis, perbaikan terhadap bug ini sudah dilakukan namun belum menyeluruh, baru pada versi terbaru iOS 9.3 inilah masalah celah keamanan ini sudah diperbaiki total.

(sumber: theregister.co.uk)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s