nVidia Drive PX 2 akan digunakan dalam perlombaan Roborace 2016-2017

Mobil Roborace - roborace.com

Mobil Roborace – roborace.com

Tahun lalu, para penggagas lomba Formula E, yang merupakan event balapan mobil yang menggunakan mobil balap elektrik, memunculkan ide untuk mengadakan sebuah event balapan mobil level Internasional yang menggunakan mobil balap autonomous, alias tanpa pengemudi di dalamnya. Seri balapan ini akan dinamakan sebagai Roborace. Setiap mobil yang ikut berlomba pada Roborace ini akan identik, mulai chassis, motor, elektrikal, bahkan sampai dengan komputer pengontrolnya.

Jen-Hsun Huang, CEO nVidia, menyebutkan bahwa produk mereka, nVidia Drive PX 2, secara resmi dipilih sebagai komputer pengontrol pada setiap unit mobil yang ikut serta dalam Roborace ini. Drive PX 2 akan digunakan untuk memproses input dari berbagai macam sensor pada bagian eksterior mobil, mulai dari kamera, radar, LIDAR, ultrasonik dan sensor lainnya untuk kemudian mengontrol akselerasi, pengereman, serta pengendalian mobil balap Roborace.

Setiap tim yang berlomba dalam Roborace ini harus melakukan pemrograman untuk menentukan strategi perlombaan, jalur optimal lomba, manuver mendahului, dan berbagai macam hal lainnya agar dapat memenangkan perlombaan.

Dengan dipilihnya produk mereka pada event Roborace, nVidia berharap bahwa hal ini dapat meyakinkan para produsen (atau calon produsen) mobil autonomous untuk menggunakan komputer kontrol mereka dalam mobil-mobil autonomous yang akan diproduksi masal di masa yang akan datang.

Modul Drive PX 2 - nvidia.com

Modul Drive PX 2 – nvidia.com

Sebagai informasi tambahan, nVidia menyebutkan bahwa Drive PX 2 ini memiliki kemampuan proses setara dengan 150 buah MacBook Pro, karena dilengkapi dengan dua buah Tegra Processor muktahir dengan dua GPU terpisah yang mampu memproses sampai dengan 24 triliun operasi AI (Artificial Intelligence) per detik.

(sumber: cnet.com dan nvidia.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s