HTC 10 akhirnya resmi meluncur, waspadalah S7 dan G5!

Sejak pertama kali muncul gambar gambar teaser HTC 10 di Internet, HTC selalu menggembar-gemborkan fitur canggih smartphone terbarunya ini. Hasil foto terbaik, kecepatan tercepat, suara termerdu, menjadi tiga hal utama yang di usung oleh HTC 10.

HTC 10 - via phonearena.com

HTC 10 – via phonearena.com

Secara fisik, HTC 10  mengusung desain berbasis metal di keseluruhan sasisnya dengan sedikit lengkungan pada bagian belakangnya. Demi desain yang indah sekaligus berdaya tahan tinggi, HTC bahkan menyebutkan bahwa konstruksi HTC 10 telah ditest selama 168 jam pada suhu ekstrim serta lebih dari 10.000 kali test dijatuhkan, test goresan, serta test korosi. Dimensi HTC 10 tidak bisa dibilang kompak, namun tetap nyaman untuk dipegang, ukurannya 145.9 x 71.9. x 9 mm dengan bobot 161 gram.

Bagian depan HTC 10 dilengkapi dengan layar SuperLCD 5 berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixel. HTC mengklaim bahwa layar sentuhnya ini memiliki tingkat sensitifitas yang 50% lebih tinggi, sehingga setiap gerakan jari dapat dideteksi lebih cepat dan lebih akurat. Pada bagian bawahnya, seperti smartphone modern lainnya, telah dilengkapi tombol home yang memiliki pemindai sidik jari. Proses unlock dengan sidik jari ini disebutkan HTC hanya memerlukan waktu 0,2 detik. Sangat cepat.

Bagian luar indah, bagian dalam cepat, dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan untuk menjadikan sebuah smartphone layak disebut sebagai smartphone hign-end. HTC 10 dilengkapi dengan salah satu chipset paling modern saat ini, Snapdragon 820. Chipset ini merupakan chipset 64-bit dengan kecepatan operasi 2.2 GHz, dan disandingkan dengan memori RAM besar 4 GB model terbaru, LPDDR4. Model yang diluncurkan awal ini, memiliki memori penyimpanan internal 32 GB, namun bukan tidak mungkin, nantinya akan hadir juga model model dengan ukuran penyimpanan yang lebih besar.

Output audio dari HTC 10 tidak luput dari perhatian para desainer HTC. Dengan dua buah speaker yang bekerja tidak secara stereo namun satu speaker untuk suara frekuensi tinggi, dan satunya lagi untuk suara frekuensi rendah, maka kualitas output audio nya akan lebih merata, tidak ‘cempreng’ seperti kebanyakan output audio dari smartphone modern. Kedua speaker ini bahkan ditenagai oleh dua buah amplifier terpisah, sungguh menggiurkan, apalagi mengingat bahwa HTC 10 juga dilengkapi dengan DAC (Digital-to-Analog-Converter)  24-bit yang menurut mereka merupakan hasil pengembangan dari produsen DAC terkenal.

HTC 10 - via phonearena.com

HTC 10 – via gsmarena.com

Satu hal lagi, teknologi kamera yang dipasangkan pada HTC 10 ternyata memiliki spesifikasi yang agak agak mirip dengan apa yang digunakan oleh Samsung Galaxy S7, bahkan sebetulnya jika ditilik lebih dalam, ternyata HTC 10 memiliki spesifikasi kamera yang sedikit lebih baik daripada Galaxy S7. Kamera utamanya memiliki resolusi 12MP Ultrapixel 2 dengan ukuran pixel yang relatif besar 1,55 micron, aperture f1/8, panjang fokal 23mm, serta OIS. Dengan angka angka spesifikasi seperti itu, seharusnya hasil jepretan HTC 10 akan sangat baik, bahkan pada kondisi pencahayaan yang kurang sekalipun. Terlebih lagi karena dilengkapi dengan sistem autofocus generasi kedua berbasis laser dan LED flash dual-tone. Kamera selfienya tidak kalah menghebohkan. Lihat saja, HTC 10 mungkin menjadi satu satunya smartphone yang memiliki OIS untuk kamera selfie nya, sehingga gambar akan lebih tajam. Selain itu, kamera depan ini memiliki ukuran pixel relatif besar, 1,34 micron, fitur auto-focus, serta kemampuan pengambilan gambar dengan sudut lebar sampai dengan 86 derajat.

Apa artinya segala kecanggihan diatas jika umur baterai nya singkat? tenang, HTC sudah memikirkan hal tersebut. Dilengkapi dengan baterai berukuran 3000mAH, HTC juga tidak lupa menambahkan fitur spesifik seperti PowerBotics yang disebut sebut dapat meningkatkan daya tahan baterai sampai dengan 30 persen. Dan karena menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, maka fitur Quick Charge 3.0 juga turut didukung. Dengan Quick Charge 3.0, maka proses charging sampai dengan kapasitas 50% dapat dilakukan hanya dalam 30 menit saja.

Oh ya, satu hal lagi, untuk menjamin bahwa performa chipset Snapdragon 820 yang dipasang pada HTC 10 dapat bekerja dengan optimal, maka HTC banyak bekerja sama dengan Google untuk mengurangi aplikasi aplikasi ganda yang tidak diperlukan serta membuat antarmuka smartphone nya se-ringan mungkin, hampir mendekati tampilan sederhana Google langsung.

Upaya HTC yang memperhatikan segala sesuatunya sampai dengan hal detail seperti ini sangat patut diapresiasi, namun terkadang upaya teknis belum tentu membuahkan hasil penjualan yang positif.  Semoga saja dengan peluncuran produk terbarunya ini, HTC kembali mendapatkan kepercayaan konsumen dalam dunia smartphone yang penuh kompetisi ini. Seperti yang pernah penulis sebutkan pada artikel mengenai HTC sebelumnya, produk yang dibuat HTC itu sebetulnya berkualitas sangat baik, sudah saatnya HTC mendapatkan reward berupa angka penjualan yang membaik, sehingga mereka bisa bertahan dan tetap eksis.

(sumber: phonearena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s