Sistem otentikasi USB Type-C mencegah terbakarnya gadget karena kualitas kabel yang buruk

USB Type-C - foxconn.com

USB Type-C – foxconn.com

Masih ingat berita tentang kelemahan USB Type-C yang  telah penulis muat di infonologi.com beberapa waktu yang lalu? Itu lho, mengenai temuan seorang periset Google yang menyebutkan bahwa ternyata kabel USB Type-C berkualitas buruk dapat menyebabkan terbakarnya gadget yang digunakan (dalam hal ini, kabel berkualitas buruk menyebabkan notebook Chromebook Pixel milik periset tersebut menjadi rusak berat). Nah, untuk mencegah hal ini terjadi lagi di masa yang akan datang  para anggota komite pendesain USB Type-C baru baru ini memperkenalkan sebuah teknologi otentikasi yang disebut-sebut mampu mengatasi masalah diatas.

Sistem otentikasi ini nantinya akan bekerja dilatar belakang dan tersimpan pada perangkat yang digunakan. Dengan sistem ini, maka ketika sebuah perangkat terhubung melalui sebuah kabel USB Type-C, maka perangkat tersebut akan terlebih dahulu mem-verifikasi bahwa kabel yang digunakan adalah kabel yang telah memenuhi syarat tertentu. Sebagai contoh lain, sistem otentikasi ini juga nantinya akan mampu memeriksa standar kualitas sebuah perangkat charger sebelum membolehkan charger tersebut mengirimkan daya pada gadget yang akan diisi dayanya.

Selain itu pula, sistem otentikasi ini akan dilengkapi dengan enkripsi 128-bit, yang akan mempersulit para hackers dalam melakukan penetrasi. Hal ini dilakukan karena pada event BlackHat beberapa waktu yang lalu telah ditemukan celah keamanan pada sistem USB, dimana seorang hacker dapat menanamkan malware pada firmware sebuah perangkat, dimana malware tersebut dapat menjangkiti perangkat lainnya melalui koneksi USB. Dan dengan sistem otensikasi seperti ini, maka paling tidak proses infeksi terhadap perangkat lain dapat dicegah dan dibatasi daya rusaknya.

(sumber: news.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s