Bagaimana sistem pendinginan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge bekerja?

Mendinginkan chipset (CPU dan GPU) pada smartphone bukanlah perkara mudah. Ruang kosong pada smartphone yang begitu terbatas membuat para desainernya berpikir keras untuk mengatasi masalah panas yang berlebih, bukan apa-apa, panas berlebih dapat menyebabkan chipset masuk ke mode throttling, dimana kecepatan chipset akan diturunkan sedemikian rupa sampai panas menjadi normal kembali. Bagi pengguna smartphone, kondisi throttling seperti ini tidaklah menyenangkan, karena aplikasi akan berjalan lebih lamban, dan games akan terasa terputus-putus.

Para insinyur Samsung, pada smartphone flagshipnya, Galaxy S7 dan S7 Edge menggunakan sistem pendingin yang relatif baru di dunia smartphone, mereka menggunakan sistem heat-pipe untuk mengalihkan panas chipset ke bagian lain yang lebih dingin. Heatpipe yang digunakan oleh Samsung merupakan heatpipe pipih yang didalamnya terdapat cairan yang mudah menguap. Pada titik panas (seperti pada bagian atas chipset), cairan di dalam heatpipe akan menguap dan proses penguapan itu akan menyerap panas chipset, uap panas itu kemudian akan mengalir ke arah ujung heatpipe satunya yang memiliki suhu yang lebih dingin, dan pada titik inilah, uap tersebut akan berubah bentuk kembali menjadi cairan sambil melepaskan energi panas yang dikandungnya. Proses ini terjadi berulang-ulang sehingga pendingan chipset menjadi lebih efektif dan cepat.

Walaupun heatpipe belum lama digunakan pada smartphone, namun sebetulnya teknik pendinginan ini sudah lama digunakan pada heatsink yang terpasang pada PC dan Notebook yang selama ini kita gunakan, perbedaanya, sebagian besar implementasi heatpipe pada PC ataupun Notebook disertai juga dengan sebuah  kipas sehingga proses pelepasan panas akan berlangsung lebih cepat lagi.

Dengan perfoma chipset smartphone yang semakin cepat, maka teknologi pendinginan seperti heatpipe ini akan semakin banyak diadopsi oleh pabrikan smartphone karena  dengan sistem pendinginan yang lebih efektif, maka kita sebagai pengguna akan dapat menggunakan smartphone lebih lama dengan aplikasi aplikasi yang lebih berat dan lebih intensif tanpa harus mengalami pelambanan yang disebabkan oleh panas yang berlebih.

Bagi para pembaca yang penasaran bagaimana bentuk dan desain sebuah heatpipe dalam Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung telah menyediakan diagramnya untuk dibaca:

Sistem pendinginan smartphone S7 - samsung.com

Sistem pendinginan smartphone S7 – samsung.com

(sumber: samsung.com via sammobile.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s