Intel mendemonstrasikan teknologi penyimpanan baru, 3D XPoint Optane

Pada event Intel Developer Forum di Shenzhen, China, Intel mendemonstrasikan teknologi penyimpanan terbarunya 3D XPoint Optane. Teknologi 3D XPoint ini sebetulnya sudah diluncurkan Intel pertama kali pada bulan Juli tahun 2015 yang lalu, hanya saja kali ini, Intel sudah siap dengan produk demo yang fungsional.

3D XPoint Optane - intel.com

3D XPoint Optane – intel.com

3D XPoint pada dasarnya adalah sebuah teknologi media penyimpanan yang menggunakan phase change memory, yang memiliki kecepatan hampir sama dengan DRAM dan dapat mempertahankan isi memory walaupun tidak mendapatkan sumber listrik, seperti halnya teknologi SSD yang saat ini menggunakan memory NAND.

SSD PCIe x4 yang menggunakan 3D XPoint Optane didemonstrasikan mampu mencapai kecepatan transfer sampai dengan sekitar 2 GBps, sangat cepat memang, walaupun sebetulnya beberapa model SSD NVMe yang telah beredar saat ini juga memiliki kecepatan yang hampir mirip. Namun mungkin yang menjadi point penting disini adalah bahwa teknologi Optane ini mampu mencapai kecepatan tersebut pada produk generasi awal, produk produk turunannya hampir dapat dipastikan akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi lagi. Kita tunggu saja perkembangannya nanti.

(sumber: pcper.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s