Sampai detik ini, belum ada satupun smartphone yang benar benar aman.

Android, iOS, Windows 10 Mobile, BB OS, sama saja. Tidak ada satupun dari sistem operasi yang disebut tadi yang dapat mengklaim dirinya benar benar aman. Kenapa? yuk kita ikuti acara liputan khusus ’60 Minutes’ yang mengetengahkan topik keamanan smartphone.

Ilustrasi smartphone hacking - http://thehackersboard.com/

Ilustrasi smartphone hacking – http://thehackersboard.com/

Acara ’60 Minutes’ dari CBS mengunjungi kantor para periset keamanan dari Security Research Labs untuk mendemonstrasikan betapa mudahnya seorang hacker berpengalaman dapat menyadap sebuah smartphone. Dalam acara tersebut, host ’60 Minutes’ memberikan sebuah iPhone baru kepada seorang anggota kongres Ted Lieu dan memberikan tantangan kepada para anggota Security Research Labs untuk dapat meng-hack smartphone tersebut hanya dengan mengetahui nomor teleponnya.

Mengerikannya, ternyata para anggota Security Research Labs berhasil mendapatkan informasi lokasi, isi SMS yang dikirimkan dan diterima, serta mendengarkan dan merekam seluruh pembicaraan anggota kongres tersebut. Security Research Labs menyatakan bahwa semua smartphone, bukan hanya iPhone, memiliki celah keamanan yang sama sehingga dapat di-hack dengan cara yang sama. Mereka menyebutkan bahwa masalah utamanya adalah celah keamanan pada protokol SS7 (Signaling System 7) yang digunakan seluruh provider telekomunikasi di dunia untuk saling berhubungan. Dan karena SS7 ini digunakan oleh semua provider, maka apapun merek dan jenis smartphone yang digunakan, semuanya akan terpapar celah keamanan yang sama.

Memang, belum ada hacker yang diberitakan telah memanfaatkan celah keamanan pada SS7 ini, sebagian besar hacker lebih memilih untuk masuk ke dalam sistem operasi smartphone, namun tetap saja, sudah sepatutnya jika pengguna gadget harus semakin waspada terutama dengan euforia Internet-of-Things (IoT) yang banyak didengungkan para pelaku Teknologi Informasi, lihat saja pada video dari ’60 Minutes’ yang juga memperlihatkan bagaimana mudahnya para hacker dari LookOut mendapatkan informasi sensitif dari smartphone yang kita gunakan sehari hari. Penasaran dengan berita selengkapnya? video nya dapat dilihat di situs CBSNews ini.

(sumber: cbsnews.com via bgr.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s