Apple mendaftarkan paten kamera dengan sistem zoom optik yang berukuran kecil dan ringkas

Sampai dengan saat ini, sebagian besar kamera smartphone yang beredar tidak memiliki fasilitas perbesaran optik (optical zoom). Kalaupun toh memang ada smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur tersebut, desain yang diusungnya terlalu konvensional, dengan lensa yang menonjol keluar sehingga terlihat tidak harmonis dengan desain smartphone yang tipis.

Namun Apple sepertinya sudah punya cara untuk mengatasi itu. Apple baru baru ini mendaftarkan paten kamera yang dilengkapi dengan sistem optical zoom namun dengan desain yang tetap tipis dan ringkas sehingga cocok untuk diimplementasikan pada smartphone ataupun tablet modern. Paten yang didaftarkan oleh Apple ini dinamai “folded telephoto camera lens system” dimana pada sistem ini, posisi lensa utama, lensa kedua, serta sensor ditempatkan pada posisi yang membentuk seperti huruf r kecil, seperti pada sebuah periskop kapal selam. Cahaya yang dipantulkan oleh objek akan masuk melalui lensa utama yang kemudian akan dipantulkan ke lensa kedua dan sensor melalui sebuah cermin. Nah, lensa kedua ini posisinya dapat dinaik-turunkan sehingga efek perbesaran (zoom) optik dapat dicapai.

Diagram lensa telefoto Apple - via appleinsider.com

Diagram lensa telefoto Apple – via appleinsider.com

Apakah paten sistem kamera Apple ini akan digunakan pada iPhone 7 nanti? belum ada yang dapat mengkonfirmasikan hal tersebut. Namun yang menarik adalah, pada dokumen paten yang diserahkan, Apple juga menyebutkan bahwa sistem lensa zoom ini merupakan fitur opsional, karena pengguna dapat memilih antara mengaktifkan kamera yang dilengkapi dengan zoom ini atau kamera reguler. Hal ini sejalan dengan rumor yang mengatakan bahwa iPhone 7 akan dilengkapi dengan dua kamera.

(sumber: appleinsider.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s