Pendapatan Microsoft yang berasal dari lisensi Android mulai berkurang

MSGadget yang menggunakan sistem operasi Android semakin merajalela, jumlahnya semakin hari semakin banyak, sudah sepatutnyalah Google tersenyum dengan fakta ini. Namun siapa yang akan menyangka bahwa meningkatnya penjualan Android juga akan membuat Microsoft tersenyum? Ya, sudah menjadi fakta juga bahwa gadget yang berbasis Android menggunakan beberapa paten yang dimiliki oleh Microsoft, oleh karena itu setiap pabrikan gadget yang menggunakan sistem operasi Android diharuskan untuk membayar lisensi kepada Microsoft untuk setiap produk yang dijualnya.

Minggu lalu, Microsoft melaporkan bahwa angka penerimaan dari lisensi paten yang digunakan Android menurun, hal ini disebabkan karena penjualan smartphone high-end yang berharga mahal semakin berkurang, digantikan dengan peningkatan penjualan smartphone yang berharga terjangkau. Microsoft memang tetap mendapatkan penerimaan lisensi paten dari smartphone low-end, hanya saja nilainya memang tidak sebesar apa yang mereka dapatkan dari smartphone high-end.

Perlu sekedar diketahui, bahwa pada posisi saat ini, pendapatan Microsoft dari lisensi paten ini lebih besar daripada apa yang mereka dapatkan dari penjualan jajaran smartphone Lumia-nya. Jadi, jika Samsung, LG, HTC, Xiaomi dan lainnya sukses menjual gadget Android, haruskah Microsoft bersedih? dalam hal brand recognition mungkin ya, namun dalam hal pendapatan, sepertinya tidak. 🙂

(sumber: mspoweruser.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s