Malware Dogspectus menargetkan smartphone Android lawas yang tidak pernah di-update

Firma keamanan Blue Coat Systems, mengingatkan pengguna smartphone dan tablet Android lawas bahwa gadget mereka saat ini sedang menjadi target malware Dogspectus.

Ilustrasi malware Android - pcworld.com

Ilustrasi malware Android – pcworld.com

Dogspectus menginfeksi smartphone dan tablet Android 4.2.2 dan versi lebih lama melalui tampilan iklan berbasis JavaScript tanpa perlu ada interaksi dengan penggunanya sama sekali, ini yang mengkhawatirkan. Pengguna cukup hanya membuka situs situs tertentu yang sudah mengandung kode malware ini, dan malware ini pun akan langsung menginfeksi smartphone yang bersangkutan secara diam-diam.

Para peneliti di Blue Coat Systems menyebutkan bahwa sepengetahuan mereka, ini merupakan pertama kalinya sebuah malware dapat menginfeksi sistem tanpa harus ada interaksi dengan pengguna sistem tersebut. Pada saat proses infeksi, tidak ada kotak dialog ‘application permissions’ yang biasanya muncul ketika suatu aplikasi meminta ijin untuk meng-install dirinya kedalam smartphone yang digunakan.

Jika telah terinfeksi oleh Dogspectus, maka proses ransomware mulai berjalan, dimana smartphone dan tablet akan terkunci dan tidak dapat digunakan sama sekali, kecuali untuk melakukan pembayaran tebusan kepada para hacker dalam bentuk dua kode gift card iTunes yang masing masing bernilai US$100. Ini yang agak aneh, karena secara teori Apple dapat memeriksa identitas pengguna gift card iTunes tersebut. Metode ransomware yang lebih tradisional biasanya meminta pembayaran dalam bentuk BitCoin yang lebih aman.

Potensi penyebaran Dogspectus dapat dibilang sangat besar, karena banyak dari kita pengguna gadget yang tidak mau pusing-pusing melakukan update terhadap gadget yang digunakannya, terlebih jika gadget tersebut telah berumur relatif lama. Semoga saja dengan semakin banyak nya informasi mengenai malware, ransomware, ataupun virus yang mampu menjangkiti gadget yang kita gunakan sehari hari, maka kita akan menjadi lebih waspada, lebih mau meluangkan waktu untuk selalu memeriksa update software perangkat yang kita gunakan.

(sumber: theinquirer.net)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s