Kehadiran MediaTek Helio X30 semakin mendekati kenyataan

MediaTek sudah tentu tidak tinggal diam melihat kemunculan Qualcomm Snapdragon 820 dan Samsung Exynos 8890 yang begitu sukses. Kedua chipset dari Qualcomm dan Samsung tersebut menjadi tolok ukur performa dan efisiensi terbaik saat ini. Chipset flagship MediaTek saat ini, Helio X20, memang memiliki potensi performa yang terbilang baik, tapi belum cukup baik jika disandingkan dengan chipset Snapdragon 820 dan Exynos 8890. Oleh karena itu, MediaTek saat ini tengah mempersiapkan produk terbarunya Helio X30 untuk memberikan perlawanan berarti terhadap chipset terbaik dari Qualcomm dan Samsung.

Pan Jiutang, seorang analis pasar, mengkonfirmasi keberadaan Helio X30 dengan mempublikasikan hasil skor AnTuTu X30 dibandingkan dengan beberapa chipset terkenal lainnya. Pada gambar yang diperoleh dari akun Weibo milik Pan Jiutang dibawah ini, Helio X30 mampu memperoleh skor 160.000, skor yang lebih tinggi daripada yang diperoleh Snapdragon 820 yaitu 130.000. Perbedaan skor-nya terlihat cukup signifikan memang, namun jika kita melihat arsitektur chipset Helio X30 yang menganut desain 10-core sedangkan Snapdragon 820 yang ‘hanya’ memiliki 4 buah core, perbedaan hasil skor AnTuTu menjadi tidak terlalu mengagumkan lagi. Kita tunggu saja kehadiran Snapdragon 830 pada akhir tahun ini untuk melihat apakah Qualcomm akan berhasil memukul mundur Helio X30. Namun satu hal yang jelas, MediaTek memiliki kebiasaan menawarkan produk produknya dengan harga yang sangat miring, jauh lebih murah dari apa yang ditawarkan oleh Qualcomm, maka jika Helio X30 ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah, dengan performa yang sedemikian cepat, maka chipset ini akan sangat berpotensi menjadi sukses di pasaran nantinya.

Skor AnTuTu Helio X30 - sumber: akun Weibo, Pan Jiutang

Skor AnTuTu Helio X30 – sumber: akun Weibo, Pan Jiutang

Helio X30 akan dibuat oleh TSMC menggunakan proses 10nm FinFET, didesain dengan jumlah core sebanyak 10 buah yang dibagi menjadi 3 cluster yang diperkirakan terdiri dari: 2 buah core Artemis 2,8 GHz terbaru, 4 buah core Cortex-A53 2,2GHz, serta 4 core Cortex-A35 2 GHz. Tampilan grafis akan didukung oleh GPU PowerVR 7XT. Selain itu, X30 juga akan mendukung sistem dual-camera, yang salah satunya dapat mencapai resolusi 26 MP, serta akan mampu memiliki memori RAM sebesar 8GB. Sungguh spesifikasi yang akan memanaskan kembali persaingan chipet high-end. Mari kita tunggu kehadirannya.

(sumber: phonearena.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s