Hoverboard yang benar-benar melayang di udara menjadi kenyataan

Hoverboard, sesuai dengan namanya, seharusnya melayang di udara, dan bukannya beroda serta berjalan di darat seperti beragam merek hoverboard yang saat ini beredar. Namun hoverboard yang satu ini, yang diberi nama Flyboard Air, benar benar berbeda. Flyboard Air menggunakan empat buah mesin jet RC yang masing masing berkekuatan 250 HP untuk melayang diudara dengan kecepatan teoritikal sampai dengan sekitar 148 Kpj.

Hoverboard saat ini yg tidak mengudara - thewirecutter.com

Hoverboard saat ini yg tidak mengudara – thewirecutter.com

Flyboard Air dibuat oleh seorang inventor, Franky Zapata. Zapata membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk mengembangkan produk ini. Mesin mesin jet yang terdapat pada Flyboard Air mendapatkan asupan bahan bakar Jet A1 yang tersimpan pada tas backpack pengemudinya. Kecepatan dan ketinggian terbang diatur melalui sebuah remote tangan, namun pengendalian dilakukan tidak melalui remote tersebut, melainkan dengan gerakan mencondongkan tubuh ke arah yang dituju.

Flyboard Air, hoverboard yg benar-benar mengudara - guinnessworldrecords.com

Flyboard Air, hoverboard yg benar-benar mengudara – guinnessworldrecords.com

Flyboard Air, yang dikemudikan oleh Franky Zapata sendiri, telah didemonstrasikan didepan staf Guinness Book, dan dinyatakan memecahkan rekor penerbangan hoverboard, dengan menempuh jarak 2252 meter. Untuk mengemudikan Flyboard Air, menurut Zapata, diperlukan pelatihan dengan durasi sekitar 50 jam pada Flyboard biasa yang terbang melalui dorongan air.

Sampai dengan saat ini, demi keselamatan, Zapata hanya menerbangkan Flyboard Air diatas permukaan air, karena walaupun Flyboard Air dapat tetap terbang dengan hanya 3 dari 4 mesin jet berfungsi, namun resiko tetap ada. Pada proses pengetesan Flyboard Air, Zapata menyebutkan bahwa dia pernah terpaksa terjun ke air karena kegagalan pada sistem baterainya.

Atas temuannya, Franky Zapata mengaku telah didekati oleh beberapa perusahaan yang tertarik untuk mengkomersialisasikan produknya ini.

Video proses pemecahan rekor Guinness dapat dilihat dibawah ini:

(sumber: Guinness via engadget.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s