272 juta informasi akun email telah dikuasai seorang hacker muda asal Rusia

Sebanyak 272 juta informasi username dan password akun email telah dikuasai oleh seorang hacker muda Rusia, sebagian besar informasi tersebut berhubungan dengan akun email Mail.Ru, penyedia layanan email yang berlokasi di Rusia, namun ternyata informasi akun email Gmail (sekitar 24 juta akun), Yahoo (40 juta akun), Hotmail (33 juta akun) serta beberapa provider email di Cina dan Jerman juga telah diketahui hacker tersebut.

Information Hacking - wallpaperup.com

Information Hacking – wallpaperup.com

Yang menghebohkan, hacker tersebut tidak meminta uang dalam jumlah yang banyak untuk mendapatkan informasi akun-akun yang dia miliki, dia hanya meminta 50 rubel (sekitar 1 dollar AS) dan semua data yang ada pada dirinya dapat diperoleh. Sang hacker sepertinya lebih memilih agar namanya menjadi tenar melalui forum-forum hacker yang betebaran di Internet.

Informasi mengenai kebocoran data akun email sebanyak ini diperoleh para periset di Hold Security setelah mereka membaca tulisan seorang hacker muda Rusia di sebuah forum online yang menyatakan bahwa dirinya telah mendapatkan data username dan password dari sekitar 1,17 miliar akun email. Sesaat setelah mendapatkan semua data yang diperlukan dari sang hacker, para peneliti Hold Security kemudian mengeliminasi data-data duplikasi dan didapatkanlah data akun dari 272 juta pengguna beberapa provider email besar.

Atas dasar temuan ini, Hold Security telah menginformasikan kepada seluruh penyedia email terkait yang berjanji akan menindaklanjuti kejadian ini.

Berita seperti ini sudah tentu menimbulkan kekhawatiran bagi para pengguna email, karena dengan data yang telah diperoleh, maka email pribadi dapat digunakan untuk hal hal buruk yang merusak nama baik pemilik email, seperti phising, spamming, dan lainnya. Bagi para pengguna email, ada baiknya segera melakukan perubahan password dengan password yang sulit ditebak untuk berjaga-jaga.

(sumber: reuters.com)

Update 9/5/2016: Mail.Ru, Yahoo dan Google menyatakan secara resmi bahwa informasi akun yang sempat dihebohkan diatas ternyata tidak berisi username dan password yang benar. Mail.Ru menyatakan bahwa hanya 0,018 persen informasi username dan password yang dikabarkan bocor yang benar-benar valid, sedangkan Yahoo menyatakan bahwa akun email pengguna Yahoo tidak terancam bahaya secara signifikan. Dengan pernyataan yang hampir sama, Google pun menyebutkan bahwa lebih dari 98 persen informasi username dan password yang bocor tersebut ternyata tidak tepat.

Dengan kabar terakhir ini, mungkin para pengguna email dapat sedikit bernapas lega, namun untuk tindakan preventif, mengganti password secara rutin tetaplah sangat direkomendasikan.

(sumber: news.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s