WhatsApp kini hadir dalam bentuk aplikasi Windows dan OS X

WhatsAppSetelah sebelumnya WhatsApp untuk PC hanya dapat diakses melalui browser Internet, layanan messenger terpopuler saat ini kini tersedia dalam bentuk aplikasi native untuk Windows (versi 8 keatas) dan OS X (versi 10.9 keatas). Dengan peluncuran dua aplikasi barunya ini, berarti kini platform yang didukung WhatsApp semakin lengkap, mulai dari Android, Windows Phone, iOS, serta Windows dan OS X.

Cara menggunakannya cukup mudah, setelah proses download dan instalasi selesai, aplikasi WhatsApp untuk PC ini dijalankan dengan cara memindai kode QR yang muncul pada aplikasi PC dengan smartphone yang sudah dilengkapi dengan aplikasi WhatsApp yang aktif. Memang proses menjalankannya dapat dibilang lebih merepotkan dibandingkan dengan messenger Telegram, namun sepertinya WhatsApp melakukan ini untuk memastikan keamanan layanannya.

Untuk pembaca yang tertarik untuk mencoba WhatsApp di PC Windows atapun Mac, langkah-langkahnya adalah seperti berikut (untuk Windows):

  1. Download aplikasi WhatsApp di: https://www.whatsapp.com/download/
  2. Pilih jenis download sesuai dengan platform PC yang dimiliki
  3. Setelah proses download selesai, klik ganda file yang baru saja di-download untuk meng-instalasikannya (Catatan: proses instalasinya memang tidak begitu jelas, namun jika instalasi telah selesai, maka pada layar desktop akan muncul icon shortcut berlogo WhatsApp)
  4. Klik ganda icon WhatsApp untuk memulai aplikasi, tampilan layar seperti dibawah ini akan muncul:

    WA Desktop

  5. Ambil smartphone pembaca dan jalankan aplikasi WhatsApp. Pilih Menu, lalu pilih opsi WhatsApp Web, lalu arahkan kamera smartphone ke arah QR code yang tampil pada layar PC/Notebook pembaca seperti diatas.
  6. Setelah QR code berhasil terpindai, maka aplikasi WhatsApp pada PC/Notebook akan menjadi aktif, dan pembaca dapat mulai mengirim pesan seperti biasa.
  7. Jika sudah selesai digunakan, log-out dengan cara memilih menu WhatsApp pada bagian kiri atas layar, lalu pilih Logout.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s