Teleskop Kepler milik NASA menemukan 1284 planet baru

Ilustrasi planet - sumber: NASA/W. Stenzel

Ilustrasi planet – sumber: NASA/W. Stenzel

Jika pembaca percaya bahwa bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat ditinggali, ehm, mungkin sebaiknya tahan dulu pemikiran seperti itu, karena NASA baru baru ini menemukan 1284 planet baru melalui teleskop Kepler miliknya. Dari angka tersebut, sekitar 550 planet berukuran cukup besar seperti Bumi, dan 9 diantara nya diperkirakan dapat mendukung kehidupan.

Jumlah “benda” luar angkasa yang ditemukan oleh teleskop Kepler sebetulnya jauh lebih banyak dari 1284, hanya saja algoritma komputasi otomatis yang dijalankan oleh sebuah superkomputer milik NASA, melakukan perhitungan tertentu yang memperkirakan apakah “benda” yang terdeteksi tersebut merupakan sebuah planet atau bukan. Setiap “benda” luar angkasa yang memiliki angka kemungkinan lebih dari 99 persen, maka akan dikategorikan sebagai planet.

Belum ada yang mampu mengetahui secara pasti berapa  jumlah planet yang berada di galaksi kita ini karena keterbatasan pengetahuan dan peralatan yang dimiliki manusia. Namun beberapa bukti yang mulai bermunculan akhir-akhir ini menguatkan pendapat bahwa jumlah planet di galaksi kita sangat banyak, bahkan “mungkin lebih banyak daripada jumlah bintang”, demikian menurut Paul Hertz dari NASA. Dengan demikian, temuan ini juga meningkatkan probabilitas bahwa ada banyak planet planet lain yang memiliki karakteristik sama seperti Bumi kita yang tercinta ini.

(sumber: NASA via Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s