Tips #15: Memperbaiki masalah startup Corel VideoStudio X8 / X8.5

Program VideoStudio X8 atau X8.5 yang digunakan pembaca mendadak tidak dapat dijalankan, ketika icon di klik-ganda, tidak muncul tanda-tanda bahwa program akan aktif, padahal beberapa hari yang lalu program berjalan normal. Ketika iseng membuka event viewer, pembaca menemukan bahwa terdapat error yang berhubungan dengan program VideoStudio yang menyebutkan bahwa KERNELBASE.DLL bermasalah. Lalu apa yang harus dilakukan?

Dengan berkunjung ke Google, ternyata cukup banyak pengguna VideoStudio versi lawas (dengan sistem operasi Windows 7) yang mengalami masalah yang sama. Dari beberapa forum yang dibaca oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa gagal start nya VideoStudio disebabkan oleh dua buah security patch KB3126587 dan KB3126593 yang diinstalasikan ketika Windows menjalankan Windows Update, baik secara otomatis ataupun manual.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? ada dua cara, cara pertama yaitu dengan meng-uninstall kedua patch diatas melalui fasilitas  Add/Remove Programs pada Windows 7. Cara kedua yang lebih mudah, adalah dengan mendownload dan menginstalasikan patch yang sudah disediakan oleh Corel. Patch tersebut dapat di download di VideoStudio Patch.

Pastikan memilih versi VideoStudio sesuai dengan yang pembaca gunakan saat ini. Tampilan situsnya seperti berikut ini:

Halaman download patch Corel

 

Setelah download selesai, jalankan file patch tersebut dan tunggu sampai proses patch selesai, maka program VideoStudio X8 / X8.5 dapat digunakan kembali. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s