Celah keamanan pada antivirus Symantec mempengaruhi Linux, Mac, dan Windows

Symantec

Tavis Ormandy dari Google menemukan celah keamanan CVE-2016-2208 pada antivirus milik Symantec. Dengan celah keamanan ini, maka Kernel Memory Corruption dapat di trigger dan memberikan kontrol root terhadap sistem operasi yang terinfeksi, bahkan pada sistem operasi Windows, celah keamanan ini dapat mempengaruhi kernel (program inti Windows) secara langsung. Selain Windows, celah keamanan antivirus Symantec ini juga dapat mengganggu sistem operasi Linux dan OS X (Mac).

Seorang hacker berpengalaman dengan mudah dapat memanfaatkan celah keamanan pada engine antivirus Symantec ini hanya dengan mengirimkan sebuah email ataupun tautan kepada calon korbannya, PC korban dapat terinfeksi tanpa harus membuka email ataupun tautan tersebut, karena proses scanning antivirus Symantec terhadap input-output pada PC tersebut akan berjalan secara otomatis.

Namun, pengguna antivirus Symantec tidak perlu khawatir selama antivirus tersebut secara rutin di-update, karena Symantec telah mengirimkan perbaikan terhadap celah keamanan ini sebagai bagian dari LiveUpdate. Jika pembaca menggunakan antivirus ini dan merasa belum sempat meng-update antivirusnya, maka segeralah lakukan update.

(sumber: engadget.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s