Google memperkenalkan processor buatannya, Tensor Processing Unit.

Google Tensor Processing Unit - googleblog.com

Google Tensor Processing Unit – googleblog.com

Tidak… tidak… bukan berarti Google akan langsung menyaingi kepiawaian Intel atau ARM atau Qualcomm dengan processor terbarunya ini, karena processor ini dibuat dengan misi yang berbeda dari processor lain yang beredar saat ini. Tensor Processing Unit, demikian processor Google ini dinamakan, mengutamakan kinerja murni untuk kepentingan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang akhir-akhir ini kembali booming.

Untuk proses yang berubungan dengan Artificial Intelligence, Google mengklaim bahwa processor mereka mampu bekerja  berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan processor biasa pada tingkat penggunaan energi yang sama. Selain cepat dan efisien dalam hal penggunaan energi listrik, ukurannya pun ringkas, sehingga dapat dimasukkan ke dalam bay hard disk  pada rack di Data Center.

Dan jika pembaca beranggapan bahwa TPU ini masih merupakan prototipe, anggapan tersebut tidak tepat, karena secara diam-diam, Google sudah menggunakan TPU selama lebih dari satu tahun untuk meningkatkan kualitas peta pada Street View dan hasil pencarian dengan RankBrain, dan TPU pun sudah terlibat langsung dalam memenangkan permainan Go melawan juara Go kelas internasional. Dengan processor ini, maka AI dapat berkembang lebih cepat dan memprediksi lebih akurat, demikian pernyataan dari Google.

Kumpulan TPU yg digunakan dalam pertandingan Go

Kumpulan TPU dalam rak yg digunakan dalam pertandingan Go

Processor TPU Google ini memang bukan processor yang dapat dibeli langsung di pasaran, karena TPU hanya akan digunakan secara internal untuk kepentingan peningkatan layanan Google.

Perlu diketahui juga bahwa pada event Google I/O hari ini, Google meluncurkan beberapa produk software dan hardware baru yang mengandalkan Artificial Intelligence, sebut saja layanan messenger Allo, serta perangkat Google Home sebagai asisten pribadi di rumah.

(sumber: googleblog.com via engadget.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s