Hati-hati dengan apps Android berikut: Viking Jump, WiFi Plus, Parrot Copter, Memory Booster, serta Simple 2048

Ilustrasi malware Android - pcworld.com

Ilustrasi malware Android – pcworld.com

Para peneliti dari Checkpoint memperingatkan bahwa beberapa aplikasi yang tersedia resmi di Google Play ternyata mengandung malware berbahaya. Apps Viking Jump, WiFi Plus, Parrot Copter, Memory Booster, serta Simple 2048 memiliki dua kode biner yang menyerupai file sistem Android yang ternyata justru merupakan malware, dimana satu kode bertugas untuk mengatur aliran informasi antara bagian-bagian kode malware, sedangkan satu kode lainnya bertugas menyimpan dan memeriksa daftar komponen yang terkandung dalam malware itu sendiri.

Kode malware ini secara rutin melakukan pengecekan apakah perangkat yang terinfeksi dalam kondisi di-root atau tidak, jika ya, maka malware akan memasang dua komponen tambahan. Akan tetapi , walaupun perangkat yang terinfeksi tidak dalam kondisi di-root, malware tetap akan terhubung dengan server command and control untuk mengirimkan informasi kondisi baterai, kondisi koneksi data, serta nomor telepon yang terpasang. Dalam kondisi infeksi lebih lanjut, smartphone pengguna akan dipenuhi dengan iklan-iklan, SMS Premium, dan bahkan serangan DDoS yang dapat melumpuhkan smartphone yang terinfeksi.

Checkpoint mengatakan bahwa infeksi terbanyak terjadi pada Android versi 4.4, sedangkan pada Android versi lebih baru, malware ini sepertinya tidak dapat terlalu bebas menginfeksi, ini karena Android Lollipop dan Marshmallow memiliki sistem kontrol yang lebih ketat.

Mengenai hal ini, Checkpoint sudah menginformasikan Google pada awal Mei yang lalu, namun sayangnya Checkpoint sendiri belum memberikan solusi untuk menangkal malware ini. Untuk sementara waktu, pembaca sebaiknya menghindari aplikasi-aplikasi yang disebut diatas, sambil juga tidak lupa memasang aplikasi Antivirus dari produsen terkenal seperti BitDefender, Avast, Avira, AVG, Kaspersky dan lainnya.

(sumber: phonearena.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s