Lelah menanti Service Pack 2 untuk Windows 7? tenang, Microsoft sudah menyediakan solusinya

Windows 7Pengguna setia sistem operasi Windows tentunya sudah sangat mengenal apa itu Service Pack. Dengan Service Pack, kita terlepas dari keharusan mendownload dan menginstalasikan update Windows satu per satu. Service Pack berisi kompilasi seluruh update dan patch Windows yang dirilis sebelum Service Pack itu dikeluarkan.

Namun sejak mengeluarkan Service Pack 1 untuk Windows 7, Microsoft tidak pernah lagi menyinggung bahwa mereka akan merilis Service Pack selanjutnya dan pengguna Windows pun dihantui dengan keharusan mendownload kembali semua patch dan update satu per satu jika mereka menginstall ulang Windows 7 nya karena satu dan lain hal.

Ternyata Microsoft (akhirnya) mengerti apa yang dirasakan penggunanya dengan mengeluarkan “Convenience rollup update for Windows 7 SP1 and Windows Server 2008 R2 SP1”. Apa bedanya ini dengan Service Pack? Service Pack versi terakhir selalu berisi update dan patch yang terdapat pada Service Pack versi sebelumnya, sehingga pengguna yang menginstalasikan Service Pack 2, contohnya, tidak perlu menginstall Service Pack 1 terlebih dahulu. Sedangkan pada Covenience rollup update ini, pengguna harus menginstalasikan Service Pack 1.

Convenience rollup update untuk Windows 7 SP1 dan Server 2008 R2 SP1 ini berisi seluruh patch dan update yang dirilis Microsoft setelah Service Pack 1 sampai dengan April 2016 kemarin. Hal ini sangat membantu pengguna dan praktisi IT yang seringkali menginstall ulang PC dan Notebooknya, karena dengan demikian, maka mereka hanya perlu mendownload 2 file update besar untuk Windows 7, yaitu Service Pack 1 dan Rollup Update untuk membuat sistem operasinya menjadi lebih stabil dan aman.

Selain, keharusan menginstalasikan Service Pack 1 terlebih dahulu, untuk menginstalasikan Convenience Rollup, pengguna diharuskan untuk mendownload dan menginstalasikan “April 2015 servicing stack update for Windows 7 (KB3020369)”.

Informasi lebih lengkap mengenai Convenience Rollup ini dapat dilihat di situs blogs.technet.microsoft.com ini. Sedangkan untuk mendownload Convenience Rollup, dapat dilakukan di situs update.microsoft.com ini.

Catatan: jangan heran jika tampilan situs untuk mendownload Convenience Rollup masih terlihat jadul, karena memang Microsoft masih mengambil konsep update yang digunakan pada jaman Windows XP dahulu, yaitu melalui Windows Update Catalog. Internet Explorer masih wajib digunakan disini. 🙂

(sumber: blogs.technet.microsoft.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s