Android tidak lagi memerlukan password pada akhir 2016 nanti?

Ilustrasi sign-in - engadget.com

Ilustrasi sign-in – engadget.com

Pada tahun 2015 yang lalu, Google mempresentasikan Project Abacus, sebuah metode sign-in pada perangkat Android yang tidak lagi menggunakan password sebagai proteksinya. Project Abacus menggantikan sistem password dengan sebuah sistem yang menggunakan pattern (pola penggunaan) seperti lokasi, kecepatan mengetik, serta suara pengguna untuk sign-in ke akun Google pengguna.

Walaupun sempat tidak terdengar gaungnya lagi, ternyata Google masih serius dengan kelangsungan Project Abacus ini, buktinya pada event Google I/O baru-baru ini, Google menyatakan bahwa Project Abacus akan mulai didistribusikan ke tangan para developer software pada akhir tahun 2016 nanti. Google juga menyebutkan bahwa Project Abacus ini akan mulai diujicobakan di beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang finansial pada bulan Juni nanti, setelah sebelumnya hanya diujicobakan di kalangan Universitas sejak tahun lalu.

Jika pembaca meragukan ketepatan pattern yang akan digunakan oleh Project Abacus ini, itu wajar, namun sebetulnya, pattern ini sudah lama mulai dianalisa oleh Google melalui data-data penggunaan pemilik gadget yang menggunakan sistem operasi Android. Akankah sistem baru ini diterima oleh pengguna Android? kita lihat saja nanti, mungkin sebagian besar pengguna, sepertihalnya penulis, akan menunjukkan sikap wait-and-see terhadap sistem ini. Apakah memang lebih aman? apakah akurat? pertanyaan itulah yang harus dijawab oleh Google dalam beberapa waktu kedepan.

(sumber: engadget.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s