Drone pertama Xiaomi, Mi Drone, akhirnya resmi diperkenalkan

MiDrone 1

Setelah sejak dua hari yang  lalu, teaser mengenai produk terbaru Xiaomi ini bermunculan di Internet, akhirnya pada tanggal 25 Mei pukul 19:00 waktu China, Mi Drone diperkenalkan.

Mi Drone merupakan sebuah Drone dengan empat baling baling yang memiliki keunikan tersendiri karena di desain sebagai drone yang modular. Modul kamera dan modul rotor  dari Mi Drone dapat dilepas, diperbaiki, ataupun diganti jika terjadi masalah. Mi Drone memiliki baterai berukuran 5100 mAH sehingga Xiaomi mengklaim bahwa Mi Drone dapat terbang selama 27 menit dengan jarak tempuh sekitar 2 KM dari controller. Untuk positioning, Mi Drone dilengkapi dengan GPS dan GLONASS serta sistem positioning visual dimana Mi Drone dapat terbang dengan tetap stabil di ketinggian rendah pada lokasi dimana sinyal GPS tidak dapat diterima dengan baik. Dan seperti hal nya drone dari pabrikan lain yang sudah lebih dulu hadir, Mi Drone juga dilengkapi dengan fitur lengkap seperti mode take-off, landing, return-to-home, navigasi berdasarkan waypoint, orbit, dan geofence.

MiDrone 5

MiDrone 4

MiDrone 2

MiDrone 3

Kamera yang ditawarkan pada awal peluncurannya adalaha kamera 4K yang dilengkali dengan sensor Sony 12.4 MP, yang dapat merekam gambar dengan resolusi sampai dengan 3840 x 2160 pada kecepatan 30 FPS. Gimbal yang menyertai kamera ini dilengkapi dengan fitur stabilisasi 3 axis yang menyeimbangkan kameranya sebanyak 2000 kali dalam 1 detik.

Dengan spesifikasi seperti ini, penulis rasa hampir semua penggemar drone setuju bahwa Mi Drone terlihat mengagumkan. Terlebih setelah mengetahui bahwa untuk semua spesifikasi diatas, Mi Drone akan ditawarkan dengan harga US$ 460 untuk versi kamera 4K, dan sekitar US$ 380 untuk versi kamera 1080p.

Sayangnya, Mi Drone belum dapat dibeli langsung, karena program pengetesan Mi Drone versi kamera 4K masih akan berlangsung sampai akhir bulan Juli nanti, sedangkan versi kamera 1080p nya juga belum diketahui pasti kapan akan mulai tersedia di toko-toko. Namun, walaupun masih harus sabar menanti, masuknya Xiaomi ke pasar drone yang sedang berkembang ini sudah pasti menjadi angin segar bagi para pemerhati drone yang masih menahan diri dari membeli drone. Yang pasti, munculnya Mi Drone akan memaksa pabrikan drone lain  memberikan harga yang lebih ramah di kantong para calon pembelinya. Kompetisi itu indah bukan? 🙂

Video hasil rekaman Mi Drone dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: theverge.com dan engadget.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s