Apa aplikasi chat pada Android yang paling banyak di install di dunia?

Dalam benak sebagian besar pengguna smartphone Android di Indonesia, mungkin nama WhatsApp akan langsung muncul ketika dihadapkan dengan pertanyaan mengenai aplikasi chat yang paling banyak di download dan di install. Dan jawaban itu sangat tepat, karena WhatsApp memang merupakan aplikasi chat berbasis Android yang paling banyak di download di dunia. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama SimilarWeb. SimilarWeb mengumpulkan data dari smartphone Android yang digunakan di 187 negara di dunia untuk menemukan jawabannya, dan WhatsApp muncul di urutan pertama.

Kepopuler aplikasi chat per negara - SimilarWeb

Kepopuler aplikasi chat per negara – SimilarWeb

WhatsApp menjadi pemimpin aplikasi chat di 109 negara, disusul dengan aplikasi Facebook Messenger yang dominan di 49 negara, sedangkan aplikasi lainnya seperti Viber, Line, WeChat, dan Telegram berada di urutan selanjutnya dengan jumlah instalasi yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan dua pimpinan diatas.

Tingkat kepopuleran aplikasi chat secara keseluruhan - SimilarWeb

Tingkat kepopuleran aplikasi chat secara keseluruhan – SimilarWeb

Bagaimana dengan BBM? BBM masih eksis pada urutan ke 10, dan Blackberry harus berterima kasih kepada negara kita Indonesia. Di Indonesia, sebanyak lebih dari 80 persen pengguna smartphone Android men-download dan meng-install BBM pada smartphone mereka. Bandingkan dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris dan Australia dimana hanya sekitar 0.3 – 1.9 persen pengguna Android yang menginstalasikan BBM.

Oh ya satu lagi yang perlu disampaikan, kepopuleran Facebook (dan keputusan Facebook yang memaksa penggunanya mendownload Facebook Messenger untuk saling berhubungan) secara tidak langsung membuat Facebook Messenger menjadi aplikasi chat yang paling sering di-download dan di-instalasikan di Indonesia, bukan WhatsApp. Namun penulis cukup yakin bahwa jika dilihat dari jumlah percakapan per hari, maka WhatsApp-lah yang menjadi aplikasi chat yang terpopuler di Indonesia.

Jika pembaca penasaran dengan laporan detail yang dilakukan oleh SimilarWeb, klik tautan berikut ini: https://www.similarweb.com/blog/worldwide-messaging-apps

(sumber: SimilarWeb via PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s