Surprise: Robot pintar ZenBo dari Asus

Senin 30 Mei kemarin, pada event konferensi press Zenvolution, Asus memperkenalkan ZenBo, sebuah robot kecil lucu yang memiliki cukup banyak kemampuan.

ZenBo di didesain untuk membantu banyak hal dalam sebuah rumah tangga, mulai dari sebagai pengingat waktu, mencari resep masakan, mengambil foto, membacakan cerita dan bermain games dengan anak anak, memainkan musik, mematikan/menyalakan TV dan AC, bahkan mampu membuka pintu jika pintu rumah terhubung dengan sistem keamanan rumah yang juga dibuat oleh Asus.

Asus ZenBo - asus.com

Asus ZenBo – asus.com

Dengan sepasang roda, kamera, microphone, speaker dan layar pada ZenBo, membuatnya dapat bergerak, melihat, mendengar, untuk berinteraksi dengan para penghuni rumah. Sistem kecerdasan buatan yang dimilikinya juga memungkinkan ZenBo untuk belajar mengenali kebiasaan penghuni rumah bahkan mengekspresikan emosi buatan melalui gambar lucu pada layarnya.

Asus ZenBo - asus.com

Asus ZenBo – asus.com

Dan jika pembaca memperkirakan bahwa ZenBo akan berharga semahal mobil, ternyata tidak, sama sekali tidak. ZenBo rencananya diluncurkan Asus dengan harga yang masih masuk akal, sekitar US$ 599. Pimpinan Asus, Jonney Shih, mengajak para developer software untuk turut serta mengembangkan ZenBo agar ZenBo bisa menjadi robot rumah tangga yang semakin pintar dan paling praktis.

Sayangnya, jadual rilis ZenBo belum disebutkan oleh Asus. Namun ZenBo sepertinya menjadi salah satu gadget baru yang patut dinanti.

Video perkenalan ZenBo dapat dilihat dibawah ini:

(sumber: zenbo.asus.com via news.com)

Dalam wawancaranya dengan cnet.com, CEO Asus, Jerry Shen mengatakan bahwa Zenbo akan mulai tersedia di pasaran dalam kisaran waktu 9 sampai dengan 12 bulan. Masih harus cukup lama menunggu memang, namun Jerry Shen lebih lanjut menjelaskan bahwa hal ini sengaja dilakukan oleh Asus untuk memberikan waktu bagi para programmer/developer untuk membuat banyak aplikasi berkualitas yang akan dipasangkan dengan Zenbo nantinya. Asus berpendapat bahwa kesuksesan Zenbo akan sangat tergantung pada jumlah dan kualitas aplikasi yang tersedia, karena hal ini akan meningkatkan fungsionalitas robot lucu tersebut dalam kehidupan sehari hari di rumah tangga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s