ZenFone 3, ZenFone 3 Deluxe, dan ZenFone 3 Ultra diperkenalkan Asus

Jika pembaca sudah menanti-nanti generasi penerus ZenFone 2, maka kabar ini layak ditunggu. Pada hari pertama Computex 2016, Asus memperkenalkan 3 jagoan terbarunya, ZenFone 3, ZenFone 3 Deluxe, dan ZenFone 3 Ultra. Ketiga nya memiliki keunggulannya masing-masing dan menargetkan segmen pasar yang berbeda-beda.

ZenFone 3 - via gsmarena.com

ZenFone 3 – via gsmarena.com

ZenFone 3 merupakan smartphone yang diposisikan untuk pengguna smartphone yang menginginkan smartphone berukuran cukup ringkas dengan fitur kelas menengah-atas namun dengan harga yang terjangkau. ZenFone 3 merupakan smartphone berlayar 5,5 inci dengan resolusi 1080p Super+ IPS, bodinya dibalut alumunium dengan kaca depan 2.5D Gorilla Glass 4. Kamera utama smartphone ini memiliki resolusi 16 MP yang dilengkapi dengan OIS serta tiga jenis teknologi autofokus (Laser, Phase-detection, dan Contrast-detection) untuk kecepatan fokus yang cepat, sedangkan kamera selfienya menggunakan kamera ber resolusi 8 MP. Chipset yang digunakan ZenFone 3 juga cukup canggih, sebuah Snapdragon 625 yang dipasangkan dengan jumlah RAM yang cukup besar, 4 GB dengan kapasitas penyimpanan internal berukuran 64GB yang dapat dikembangkan melalui slot kartu microSD. Ukuran baterainya 3000 mAh, cukup untuk menemani penggunanya paling tidak selama sehari penuh. Dan agar tidak tertinggal dengan smartphone generasi masa kini, ZenFone 3 juga sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang ditempatkan pada bagian belakang.

ZenFone 3 Deluxe - via gsmarena.com

ZenFone 3 Deluxe – via gsmarena.com

ZenFone 3 Deluxe menjadi smartphone dengan spesifikasi tercanggih dalam jajaran ini. Chipset Snapdragon 820 terpasang pada smartphone ini ditemani dengan ukuran RAM yang terbilang sangat besar, yaitu 6 GB. Layarnya berukuran 5,7 inci 1080p dengan teknologi AMOLED. Kamera utamanya ber resolusi 23 MP menggunakan sensor Sony IMX318 dengan aperture f2.0, OIS 4-axis, serta sistem autofokus Laser, Phase-detection, dan Contrast-detection. Seperti halnya pada ZenFone 3 biasa, ZenFone 3 Deluxe ini dilengkapi dengan konektor USB Type-C 3.0, Qualcomm QuickCharge, serta pemindai sidik jari di bagian belakang. Ukuran penyimpanan yang ditawarkan juga terbilang besar, dengan kapasitas 256GB DAN dapat ditambahkan dengan kartu microSD. Sungguh spesifikasi yang mampu membuat tercengang para calon pembelinya. Oh ya, kamera selfienya beresolusi 8 MP, sehingga kualitas gambar selfie yang dihasilnya seharusnya cukup membuat pengguna nya tersenyum.

ZenFone 3 Ultra - via gsmarena.com

ZenFone 3 Ultra – via gsmarena.com

Model ketiga, ZenFone 3 Ultra, menjadi smartphone dengan ukuran yang terbesar dengan target pengguna yang spesifik. Para calon pembeli smartphone yang menginginkan satu gadget yang berfungsi sebagai sebuah smartphone sekaligus sebuah tablet mungkin akan menyukai ZenFone 3 Ultra ini. Ukuran layarnya yang 6,8 inci akan membuatnya cukup sulit untuk dipegang dengan satu tangan namun menjadikannya nyaman ketika digunakan untuk browsing, memeriksa email, serta menonton film. Kamera utamanya memiliki resolusi dan sensor yang sama dengan ZenFone 3 Deluxe, 23 MP dengan sensor Sony IMX318, begitu pula dengan kamera selfie nya yang ber resolusi 8 MP. Namun, berbeda dengan ZenFone 3 Deluxe yang menggunakan chipset Snapdragon 820, ZenFone 3 Ultra justru menggunakan chipset yang berkasta lebih rendah, yaitu Snapdragon 652. Sepertinya Asus berniat membuat smartphone besar ini tetap terjangkau. Jumlah memori RAM nya adalah 4 GB, dengan penyimpanan internal berukuran 128 GB. Sebuah ukuran yang cukup besar, namun jika dirasa tidak cukup, jangan khawatir, karena Asus tetap menyediakan slot microSD untuk tambahan penyimpanan data. Ukuran baterainya 4600mAh, jadi jangan khawatir dengan daya tahan smartphone jumbo ini.

Bagaimana dengan harganya? nah, ini yang menarik, karena Asus memberikan harga yang sangat kompetitif pada jajaran terbarunya ini. ZenFone 3 dijual dengan harga mulai US$ 249, ZenFone 3 Deluxe mulai US$ 499, sedangkan ZenFone 3 Ultra dengan harga mulai US$ 479. Sungguh merupakan harga yang cukup terjangkau mengingat spesifikasi yang diusungnya bukanlah spesifikasi rendahan. Yang patut dinanti selanjutnya adalah ketersediaan jajaran ZenFone 3 ini di pasar Indonesia. Belum ada kabar mengenai hal ini. Namun jika menilik kebiasaan Asus, maka kehadiran smartphone ini di Indonesia sepertinya tidak akan lama lagi.

(sumber: pcper.com dan gsmarena.com)

Kabar terakhir yang diperoleh dari phonearena.com menyebutkan bahwa diperkirakan ZenFone 3 Deluxe dengan chipset Snapdragon 823 akan mulai didistribusikan di beberapa negara Asia (sementara ini India dan Filipina) sekitar bulan Agustus nanti. Sekedar informasi tambahan dari penulis, chipset Snapdragon 823 memiliki kecepatan yang sedikit lebih tinggi daripada Snapdragon 820.

Update per 8 Juni 2016: Bocoran brosur ZenFone 3 Deluxe memperlihatkan akan adanya model dengan chipset Snapdragon 821. Belum ada kejelasan apakah 821 ini adalah typo semata, atau memang Qualcomm berencana juga mengeluarkan varian 821 yang seharusnya lebih cepat daripada 820 namun lebih lamban daripada 823.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s