Samsung mengumumkan SSD NVMe PCIe dalam satu buah chip BGA!

Samsung PM971-NVMe SSD

Samsung PM971-NVMe SSD

Kehadiran SSD di dunia komputer sangat membantu memecahkan masalah I/O bottleneck yang selama bertahun-tahun mengganggu kinerja keseluruhan sebuah PC. SSD, walaupun saat ini masih memiliki harga yang lebih mahal, memiliki tingkat performa yang paling tidak 4-5x lebih cepat daripada hard disk mekanik biasa. Namun sepertinya para produsen SSD tidak tinggal diam dan berpuas diri dengan performa yang didapat, berbagai inovasi SSD bergulir, mulai dari yang mengutamakan performa (SSD PCIe NVMe saat ini berkinerja 9-20x lebih cepat daripada hard disk reguler) maupun yang mengutamakan praktikalitas (dengan ukuran SSD yang semakin kecil).

Samsung, sebagai salah satu produsen SSD terbesar di dunia, baru baru ini mengumumkan inovasi SSD nya, dimana sebuah SSD NVMe berkapasitas 512 GB dapat diproduksi dalam bentuk sebuah chip saja. SSD yang diberi nama PM971-NVMe ini, merupakan sebuah chip tunggal yang berisi semua komponen esensial SSD seperti NAND Flash Memory, DRAM, serta Controller. Namun, kecil bukan berarti lamban, karena Samsung juga mengatakan bahwa SSD chip terbarunya ini mampu memberikan performa baca sampai dengan 1500 MB/dtk dan tulis sampai dengan 900 MB/dtk.

Samsung New SSD 1

Dengan performa dan ukuran ringkas seperti ini, maka di masa yang akan datang,  PC, Notebook, dan gadget lainnya dapat dibuat semakin ringkas, semakin tipis, dan semakin stylish.

Secara teknis, chip SSD PM971-NVMe, menggunakan bentuk BGA (Ball Grid Array) yang terdiri dari 16 buah Flash Chip 48-layer yang setiap chipnya berkapasitas 256 Gb, sebuah chip DRAM LPDDR berukuran 4Gb, serta sebuah controller SSD yang dibuat oleh Samsung sendiri.  Ukuran chip SSD ini hanya 20 mm x 16 mm dengan ketebalan 1,5 mm dan berat 1 gr saja. Sungguh mengagumkan!

Samsung New SSD 2

Ukuran yang ditawarkan Samsung nantinya cukup beragam, tidak hanya 512GB, namun juga akan ada versi 256 GB dan 128 GB. Samsung mengatakan bahwa SSD terbarunya ini akan mulai diproduksi bulan ini.

(sumber: samsung.com via news.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s