Akhirnya, AMD berpotensi memberikan perlawanan berarti kepada Intel dengan processor Zen-nya

Target pasar CPU Zen - tomshardware.com

Target pasar CPU Zen – tomshardware.com

Kebangkitan AMD untuk memberikan perlawanan sepadan kepada Intel merupakan hal yang sudah lama dinanti oleh penulis. Dominasi satu perusahaan, dalam hal ini Intel, tidak memberikan keuntungan bagi kita sebagai konsumen. AMD harus bangkit dan melawan, namun dalam beberapa tahun terakhir, setiap iterasi processor buatan AMD sepertinya muncul bagaikan sebuah update atau patch dalam dunia software, tidak ada teknologi baru atau peningkatan performa yang signifikan yang dijanjikan. Itu makanya dalam setiap perkenalan produk processornya sebelum ini, AMD selalu mengedepankan istilah performance-per-watt sebagai marketing tagline nya, dan bukan performance murni.

Namun hal ini mungkin akan segera berubah setelah AMD pada Computex 2016 kemarin memperkenalkan processor terbarunya, Zen (juga dikenal dengan kode Summit Ridge). Zen tidak mengambil basis desain processor AMD sebelumnya, Zen muncul sebagai hasil desain ulang secara menyeluruh. CEO AMD, Lisa Su, menyebutkan bahwa Zen mulai di desain sejak 3 tahun yang lalu oleh ratusan engineer AMD. Dan kabar bagusnya lagi, sample processor Zen siap dikirimkan kepada beberapa customer penting dalam beberapa minggu kedepan sampai dengan kuartal ke-3 tahun 2016 ini. Dengan demikian, diharapkan pada tahun 2017 nanti, Zen sudah ada di dalam notebook dan PC generasi baru.

Lisa Su menyebutkan bahwa Zen memiliki performa IPC (Instruction Per Cycle) sekitar 40% lebih cepat daripada processor AMD saat ini. Sebuah peningkatan yang cukup signifikan. Pada model tertingginya, Zen akan dilengkapi dengan 8 buah core, 16-thread dan dibuat dengan teknologi FinFET yang lebih efisien.

Pada awalnya Zen akan diutamakan untuk menempati segmen desktop PC dengan socket AM4, namun Zen akan juga dikembangkan untuk memenuhi segmen lainnya, seperti server, notebook, dan embedded.

Perjuangan Zen memang tidak akan mudah, karena Intel sudah mendominasi begitu lamanya, namun paling tidak Zen memberikan harapan kepada AMD untuk dapat menggerus marketshare Intel di berbagai segmen penting. Dan bagi kita sebagai pengguna PC dan notebook, jika nantinya terbukti bahwa performa Zen kompetitif, maka kita akan dimanjakan dengan harga PC dan notebook yang semakin terjangkau. Selamat berjuang Zen!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s