Manuver mengagetkan dari Xiaomi: Membeli 1500 paten dan kerjasama semakin erat dengan Microsoft

Patent

Pengumuman mengagetkan datang dari Xiaomi. Mereka mengatakan bahwa mereka telah membeli 1500 paten yang berhubungan dengan teknologi mobile dari Microsoft. Beberapa analis menyebutkan bahwa manuver Xiaomi ini memang diperlukan jika mereka berencana untuk mengembangkan bisnisnya di negara-negara maju karena paten yang mereka miliki sedikit banyak dapat melindungi diri mereka dari tuntutan paten yang begitu banyak terjadi di negara maju.

Pembaca tidak perlu heran jika Xiaomi memutuskan untuk membeli paten dari Microsoft padahal mereka merupakan vendor smartphone yang seluruhnya menggunakan sistem operasi Android. Microsoft memiliki begitu banyak paten yang berhubungan dengan teknologi mobile yang juga digunakan oleh Android. Sudah sejak lama, beberapa vendor besar membayar royalti kepada Microsoft hanya karena menggunakan sistem operasi Android. Dan pemasukkan yang didapatkan oleh Microsoft tidak dapat dianggap remeh, karena pemasukkan dari royalti paten ini nilainya bahkan melebihi angka revenue Microsoft dari Windows Phone (dan Windows 10 Mobile)-nya.

Xiaomi sepertinya memang bertekad untuk masuk ke pasar besar lain diluar China dan negara negara berkembang, suatu tindakan yang masuk akal karena di pasar dalam negeri nya, penjualan Xiaomi pada kuartal I tahun 2016 ini mengalami penurunan sebanyak 9%, karena persaingan dari Huawei, Samsung, Oppo dan Vivo.

Selain pembelian 1500 paten milik Microsoft, Xiaomi juga menandatangani perjanjian kerjasama yang menyebutkan bahwa aplikasi-aplikasi Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Outlook dan Skype akan di-instalasikan pada beberapa model smartphone keluaran Xiaomi seperti Mi 5, Mi Max, Mi 4s, Redmi Note 3, serta Redmi 3.

Dan dengan penjualan paten sebanyak ini, apakah ini berarti bahwa Microsoft akan kehabisan paten? sama sekali tidak, karena Microsoft memiliki lebih dari 60.000 paten, dan 1500 paten bukanlah angka yang terlalu signifikan.

(sumber: phonearena.com dan wsj.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s