Hati-hati dengan aplikasi Flash Keyboard pada Android

Ilustrasi malware Android - pcworld.com

Ilustrasi malware Android – pcworld.com

Pentest, sebuah firma yang mengkhususkan dirinya pada audit keamanan aplikasi, menyebutkan bahwa sebuah aplikasi Android bernama Flash Keyboard ternyata menyalahgunakan ijin akses sistem operasi, menampilkan iklan yang berbahaya, mencatat kebiasaaan pengguna, dan mengirimkan semua data itu kepada server-servernya di China.

Walaupun, dalam pernyataannya, Pentest menyebutkan bahwa sang pembuat aplikasi mungkin tidak bertujuan membuat aplikasi yang jahat, namun sepertinya keinginan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya membuat developer aplikasi ini membuat aplikasi yang , mengecoh penggunanya, mengumpulkan informasi mengenai penggunanya, serta mencegah proses penghapusan aplikasi dari smartphone Android.

Flash Keyboard merupakan aplikasi keyboard virtual seperti halnya Google Keyboard, Swiftkey, dan lainnya, yang sayangnya malah melakukan hal-hal tidak terpuji seperti: mengakses kamera, menampilkan pesan yang seolah-olah berasal dari sistem operasi, mengganti tampilan lock-screen dengan layar berisi iklan-iklan, dan mematikan proses latar belakang penting seperti proses antivirus dan sebagainya.

Selain hal-hal diatas, Flash Keyboard juga mengumpulkan informasi nama perangkat smartphone, modelnya, nomor IMEI, MAC address, versi Android, koordinat GPS, yang kemudian data-data ini dikirimkan ke beberapa server di Amerika Serikat, Belanda, dan China.

Karena hal ini, Pentest juga menyebutkan bahwa aplikasi Flash Keyboard yang terbilang cukup populer ini sudah dihilangkan dari Play Store awal minggu ini, namun ternyata aplikasi sejenis dari developer yang sama, mulai muncul kembali dengan nama yang berbeda. Jadi waspadalah. Pilihlan aplikasi yang sudah jelas-jelas mendapatkan review positif.

(sumber: theregister.co.uk)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s