Event WWDC 2016 menghadirkan beberapa pengumuman menarik dari Apple

Sudah menjadi tradisi tahunan bagi Apple untuk mengumumkan software, fitur dan layanan terbarunya pada event WWDC (Worldwide Developers Conference). Dan tahun ini pun tidak terkecuali, Apple mengumumkan jadual rilis dan fitur terbaru untuk berbagai sistem operasi yang diusungnya: iOS 10, MacOS (berubah nama dari OS X), tvOS, serta WatchOS 3.

iOS 10
Apple menyebutkan bahwa pada iOS 10, terdapat paling tidak 10 fitur baru yang akan membuat penggunanya semakin dimanjakan.

Yang pertama, tampilan antarmuka (user-interface)-nya kini lebih matang, dengan perubahan desain pada lockscreen yang lebih interaktif, notifikasi dengan opsi yang lebih lengkap, serta dukungan 3D Touch yang lebih merata.

iOS 10 notification - gsmarena.com

iOS 10 notification – gsmarena.com

Yang kedua, Siri kini mampu bekerja sama dengan aplikasi pihak ketiga. Dengan mengatakan “Hey Siri, send WeChat message to Danny” contohnya, maka Siri akan membuka aplikasi WeChat serta mengirimkan pesan yang kita sebutkan. Bahkan memesan taksi Uber pun kini dapat dilakukan melalui Siri.

Smarter Siri iOS 10 - gsmarena.com

Smarter Siri iOS 10 – gsmarena.com

Yang ketiga, keyboard QuickType sekarang lebih cerdas karena terhubung dengan Siri. Dengan begitu, QuickType dapat memberikan saran jawaban, lokasi terkini, informasi kontak, penjadualan, pencarian informasi, dan pengetikan dengan beberapa bahasa sekaligus.

QuickType iOS 10 - gsmarena.com

QuickType iOS 10 – gsmarena.com

Keempat, aplikasi Photo kini dapat menampilkan foto foto penggunanya dalam sebuah peta dan dapat mengkategorikan foto foto secara otomatis berdasarkan sistem pengenalan wajah, jenis latar, jenis binatang, topic, dan berbagai macam kriteria lainnya.

Photos grouped by location - gsmarena.com

Photos grouped by location – gsmarena.com

Face recognition on photos - gsmarena.com

Face recognition on photos – gsmarena.com

Photos grouped by scenery - gsmarena.com

Photos grouped by scenery – gsmarena.com

Kelima, aplikasi Maps, kini memiliki fitur layer, serta sistem bantuan yang lebih pintar dan proaktif. Dengan demikian, ketertinggalan Apple Maps dari Google Maps sudah tidak terlalu terasa. Maps yang bekerjasama dengan Car Play juga dapat menampilkan peta arah langsung pada layar dashboard kendaraan yang digunakan.

Smarter Maps iOS 10 - gsmarena.com

Smarter Maps iOS 10 – gsmarena.com

Yang keenam,  Apple Music, kini memiliki antarmuka yang lebih simple, lebih fresh, dan lebih enak dilihat.

Fresher Apple Music - gsmarena.com

Fresher Apple Music – gsmarena.com

Ketujuh, Apple News, dirilis dengan antarmuka yang baru sama sekali, dengan sistem peng-kategorian yang lebih pintar.

Clearer News - gsmarena.com

Clearer News – gsmarena.com

Kedelapan, fitur baru Home merupakan aplikasi untuk mengatur seluruh perangkat pintar di rumah penggunanya. Dengan Home, pemilik gadget dengan iOS dapat mengatur pintu, suhu, kunci, sensor, kipas, penutup jendela, sistem keamanan, lampu, outlet listrik, AC, kamera, bel, humidifier dan purifier udara, dengan catatan bahwa semua perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan controller pintar.

Everything is connected with Home App - gsmarena.com

Everything is connected with Home App – gsmarena.com

Yang kesembilan, aplikasi Phone kini sudah diupdate sehingga lebih dapat bekerjasama dengan aplikasi VoIP pihak ketiga seperti Skype, Viber dan yang lainnya. Phone pun memiliki kemampuan filtering spam yang lebih mumpuni.

Terakhir, yang kesepuluh, aplikasi Messages juga telah disempurnakan sehingga kini mendukung GIF dan pemutaran video dalam suatu percakapan. Ukuran icon Emoji yang lebih besar juga sudah disiapkan Apple. Dan karena Messages kini terbuka terhadap para developer eksternal, jangan kaget jika nantinya akan muncul banyak Stickers seperti halnya pada Line, WeChat dan KakaoTalk.

A more integrated Message - gsmarena.com

A more integrated Message – gsmarena.com

Selain kesepuluh fitur utama, iOS 10 juga kini memiliki aplikasi Mail yang mendukung tampilan conversation, sehingga email yang berhubungan dapat terlihat dengan jelas dan rapih. Live Photo juga nanti akan dilengkapi dengan fitur Digital Stabilization.

iOS 10 ini akan secara resmi tersedia pada musim gugur tahun ini, biasanya bersamaan dengan peluncuran device baru dari Apple sekitar bulan September. Perangkat Apple yang dapat diupgrade ke iOS 10 ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Supported devices - gsmarena.com

Supported devices – gsmarena.com

MacOS
Sistem operasi Apple untuk PC dan Notebook nya kini berubah nama menjadi MacOS. Beberapa fitur baru juga ditambahkan pada MacOS, diantaranya: Dukungan Siri, Clipoard yang dapat dishare dengan iOS, Apple Pay, serta proses login yang akan dilakukan otomatis jika penggunanya menggunakan sebuah Apple Watch.

tvOS
Apple bekerjasama dengan banyak developer luar agar Apple TV akan semakin fungsional, fitur Siri pun kini tersedia semakin luas pada Apple TV sehingga pencarian acara TV ataupun Film menjadi lebih mudah dan cepat.

WatchOS 3
Sistem operasi untuk Apple Watch ini sekarang bekerja 7 kali lebih cepat dari pendahulunya. Pengguna Apple Watch tidak lagi harus menunggu lama ketika menjalankan aplikasi. Selain peningkatan performa yang signifikan, WatchOS 3 juga memiliki fitur penting seperti Control Center untuk pengaturan setting yang lebih instan, Dock untuk menggabungkan aplikasi aplikasi favorit pengguna, Scribble untuk menulis jawaban dengan cara merubah usapan ujung jari pada layar menjadi teks jawaban, SOS untuk memanggil layanan darurat dan memberikan informasi lokasi dengan mudah, Activity Sharing untuk berbagi data olahraga dengan teman dan keluarga, serta Apple Pay untuk melakukan pembayaran secara mudah.

WatchOS 3 Control Center - gsmarena.com

WatchOS 3 Control Center – gsmarena.com

WatchOS 3 juga akan tersedia sekitar bulan September secara cuma cuma.

(sumber: gsmarena.com dan techcrunch.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s