Rumor: AMD bersiap-siap meluncurkan processor Opteron berbasis Zen pada 2017 nanti

AMDWalaupun tidak sesukses Intel. Namun processor AMD Opteron masih menjadi pilihan alternatif bagi para produsen Server, oleh karena itu, wajar jika AMD mengupayakan cara agar processor Servernya ini tetap mampu bersaing dengan Intel pada pasar Data Center.

Setelah memberikan informasi tentang processor Zen untuk pasar PC Desktop dan Notebook beberapa waktu yang lalu, AMD dikabarkan juga sedang mempersiapkan processor Opteron dengan arsitektur berbasis Zen yang baru yang diberi kode “Naples”. Diperkirakan Opteron “Zen” akan tersedia dengan jumlah core mulai dari 2, 4, 16, serta 32 core, yang masing-masing core mampu menjalankan 2-thread. Dibandingkan dengan processor Intel Xeon E7 v4 yang baru saja diluncurkan, untuk sementara waktu Opteron “Zen” terlihat memiliki jumlah core maksimal yang lebih banyak, yaitu 32-core dibandingkan dengan 24-core pada Xeon. Dan jika performance-per-clock yang ditawarkan arsitektur Zen mampu bersaing dengan performa yang dimiliki Intel, maka Opteron berpotensi memiliki performa total yang lebih baik. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk aplikasi-aplikasi cloud yang dapat bekerja secara parallel.

Opteron “Zen” disebut-sebut akan memiliki 8-channel memori independen, mendukung 32 device SATA, dapat dibuat dengan proses produksi 14nm FinFET milik GlobalFoundries. Opteron terbaru ini juga akan memiliki jumlah jalur PCIe 3.0 sebanyak 128 jalur serta mendukung sampai dengan 16 buah koneksi Ethernet 10-Gigabit. Informasi yang didapatkan oleh Fudzilla menyebutkan bahwa Opteron “Zen” paling cepat akan meluncur sekitar akhir tahun 2016 ini, namun kemungkinan besar tersedia pada awal tahun 2017 nanti.

(sumber: fudzilla.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s