Malware Godless berpotensi menjangkiti 90% smartphone Android

Karena memanfaatkan celah keamanan pada Android versi 5.1 Lollipop dan sebelumnya, malware Godless berpotensi menjangkiti 90% smartphone Android, demikian dikatakan oleh para peneliti keamanan di Trend Micro.

Dengan menggunakan framework rooting berbasis open-source, malware Godless ini akan berusaha untuk mendapatkan hak akses root, dan jika berhasil, maka malware ini akan secara diam diam memasang aplikasi jahat tambahan, sambil juga memata-matai segala aktifitas pengguna smartphone yang terinfeksi.

Trend Micro mengatakan bahwa berdasarkan layanan Mobile App Reputation Service mereka, ditemukan bahwa aplikasi-aplikasi yang memiliki malware ini ternyata dapat juga ditemukan di app store yang resmi seperti Google Play, dan malware ini telah mengjangkiti lebih dari 850 ribu perangkat di seluruh dunia. Beberapa contoh aplikasi yang dijangkiti malware ini adalah aplikasi lampu senter, WiFi, serta beberapa game populer. Memang beberapa aplikasi berbahaya ini sudah dihapus dari Google Play. Namun tetap saja, bukan berarti seluruh aplikasi sudah dijamin terbebas dari malware Godless ini.

Seperti biasanya, penulis selalu merekomendasikan pembaca untuk terlebih dahulu memeriksa latar belakang pembuat aplikasi yang akan di download. Sebaiknya hanya download aplikasi yang berasal dari para pembuat yang sudah memiliki reputasi baik.

Lebih lanjut, Trend Micro juga menghadirkan informasi distribusi smartphone yang telah terjangkiti oleh malware Godless ini. Dan yang mengkhawatirkan, ternyata Indonesia berada di urutan kedua dengan persentasi 10,27% dari perkiraan 850ribu smartphone yang terjangkiti.

Distribusi malware Godless di dunia - trendmicro.com

Distribusi malware Godless di dunia – trendmicro.com

Dengan kenyataan seperti ini, sebaiknya para pembaca infonologi.com segera menginstalasikan aplikasi antivirus terkenal pada smartphone Android yang digunakan. Avast!, BitDefender, Avira, AVG, dan beberapa Antivirus lainnya bekerja cukup baik untuk menangkal malware seperti ini.

(sumber: blog.trendmicro.com via phonearena.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s