Pengganti kartu microSD sudah hadir, sambutlah kartu UFS

UFS

microSD sudah banyak berjasa di dunia gadget saat ini, terutama pada smartphone dan tablet. Kemampuannya untuk menyimpan banyak data menjadikannya sebagai kartu memori yang paling populer sepanjang masa, namun sejalan dengan kecepatan chipset, memori RAM serta penyimpanan internal yang semakin kencang, kecepatan baca-tulis microSD yang maksimal berada pada kecepatan baca sekitar 95MB/s dan kecepatan tulis sekitar 90MB/s menjadikannya sebagai bottleneck, menjadi komponen terlamban yang mengurangi performa sebuah gadget secara keseluruhan.

Atas tuntutan kecepatan lebih ini, sebuah solusi kartu memori baru telah muncul dan siap menggantikan saudara tua nya, microSD. Kartu memori UFS, yang merupakan singkatan dari Universal Flash Storage, pada tanggal 7 Juli 2016 yang lalu, diperkenalkan oleh Samsung di Seoul, Korea Selatan. Teknologi memori UFS  sendiri sebetulnya sudah cukup lama digunakan sebagai penyimpanan internal pada smartphone dan tablet high-end, namun kini teknologinya sudah dikembangkan untuk digunakan pada kartu eksternal tambahan.

Kartu memori UFS yang diluncurkan Samsung ini, sudah mendapatkan sertifikasi dari lembaga resmi UFSA (Universal Flash Storage Association) sehingga kompatibilitasnya dengan perangkat-perangkat yang juga telah disertifikasi dapat dijamin. Standar yang digunakan oleh kartu memori Samsung merupakan standar yang dikeluarkan oleh JEDEC, yaitu JEDEC Universal Flash Storage (UFS) 1.0 Card Extension Standard, yang merupakan pengembangan dari standar Universal Flash Storage 2.0 tahun 2013.

Pada press conference nya minggu lalu, Samsung memperkenalkan 4 jenis kartu memori UFS yang berukuran 32, 64, 128, serta 256GB. Samsung lebih lanjut menyebutkan bahwa performa tulis dari kartu UFS nya mencapai 530MB/s atau sekitar 5 kali lipat lebih cepat dari kartu microSD tercepat saat ini. Sedangkan untuk performa tulis, UFS mampu mencapai kecepatan sekitar 170MB/s, hampir 2 kali lipat lebih cepat dari kartu microSD tercepat. Apa artinya angka angka ini? Pada kondisi riil, ini berarti bahwa dengan menggunakan kartu UFS, pembaca dapat membaca film berukuran 5GB hanya dalam waktu sekitar 10 detik dan jika digunakan pada kamera DSLR untuk merekam 24 foto berukuran 1,1 GB secara kontinyu, maka kartu UFS dapat melakukannya dalam waktu kurang dari 7 detik.

Untuk mencapai performa tinggi seperti ini, Samsung menyebutkan bahwa kartu UFS menggunakan teknik antrian perintah yang dapat memproses beberapa perintah sekaligus, sehingga mampu melakukan beberapa proses baca-tulis secara bersamaan.

Sayangnya, sampai dengan tulisan ini dibuat, belum ada informasi resmi mengenai harga dan ketersediaan produk ini di pasaran.

(sumber: samsung.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s