Intel Security, Kaspersky, Europol dan Kepolisian Belanda meluncurkan situs untuk melawan ransomware

Contoh tampilan Ransomware - beebom.com

Contoh tampilan Ransomware – beebom.com

Masih ingat apa itu Ransomware? Ransomware pada dasarnya adalah sebuah malware yang jika berhasil mengambil alih sebuah PC, maka ransomware akan mengunci file file dokumen penting kita dengan metode enkripsi dan meminta pemilik PC korbannya untuk membayarkan sejumlah uang tertentu (biasanya berupa BitCoin) untuk membuka file file terenkripsi tersebut.

Ransomware telah cukup banyak memakan korban di berbagai institusi seperti Universitas, Rumah Sakit, bahkan Lembaga Pemerintahan. Keseriusan potensi kerusakan yang ditimbulkan oleh Ransomware ini membuat beberapa lembaga kepolisian yang bekerjasama dengan perusahaan keamanan meluncurkan sebuah situs yang dapat digunakan untuk memeriksa file file terenkripsi dan menawarkan ‘kunci’ pembukanya sehingga korban diharapkan tidak lagi perlu membayarkan sejumlah uang kepada para pemeras digital.

Situs www.nomoreransom.org merupakan situs yang dibuat atas kerjasama antara Kepolisian Belanda, Divisi Cybercrime Kepolisian Eropa, Intel Security, serta Kaspersky Lab. Situs ini dibuat untuk membantu para korban Ransomware agar dapat membuka kembali file file penting mereka yang terkunci. Cara nya cukup sederhana, cukup kirimkan dua contoh file yang terkunci melalui alamat berikut: https://www.nomoreransom.org/crypto-sheriff.php dan juga kirimkan alamat email ataupun website yang terdapat pada email permintaan tebusan lalu klik tombol “Go! Find Out” di bagian bawah. Jika situs tersebut ternyata telah memiliki kunci pembukanya, maka situs NoMoreRansom akan mengirimkan tautan untuk mendownload kunci pembukanya.

Saat ini, situs NoMoreRansom memiliki sekitar 160 ribu kunci pembuka enkripsi pada database nya, dan tentunya angka ini akan terus bertambah. Tidak ada kepastian bahwa seluruh Ransomware yang beredar dapat dibuka dan dihentikan dengan sempurna memang, tapi usaha mulia dengan dibuatnya situs ini paling tidak akan menjadi titik awal perjuangan berat menghadapi berkembangnya Ransomware.

Jika PC ataupun Notebook pembaca terlanjur terjangkiti Ransomware, boleh coba terlebih dahulu situs www.nomoreransom.org ini, siapa tahu PC anda masih dapat disembuhkan kembali.

(sumber: cnet.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s