Menggabungkan fungsionalitas Smartphone Android dan Laptop menjadi mungkin berkat Superbook dan Andromium OS

Sudah menjadi fakta bahwa saat ini cukup banyak kegiatan sehari-hari kita berhubungan dengan penggunaan smartphone, baik itu untuk sekedar menelpon, mengirimkan SMS, mengakses situs social-media, membaca dan membalas e-mail, bahkan sampai dengan membuka dokumen-dokumen yang berhubungan dengan kegiatan pekerjaan.

Walaupun memang smartphone terasa sangat membantu dalam kegiatan keseharian kita tersebut, namun ada beberapa hal yang membuat kita tetap memerlukan sebuah laptop untuk melakukan pekerjaan yang lebih serius. Keyboard fisik yang berukuran penuh, touchpad ataupun mouse, serta layar besar yang nyaman dipandang lama menjadi alasan mengapa kita masih juga memerlukan sebuah laptop.

Nah, apa pendapat pembaca jika ada suatu produk yang memungkinkan kita memiliki kenyamanan sebuah laptop dengan seluruh fitur dan fungsionalitas sebuah smartphone? Konsep smartphone yang terhubung dengan layar besar dan keyboard + mouse fisik memang sudah ada dan bukan hal yang baru, karena Microsoft sudah melakukannya dengan fitur Continuum pada jajaran smartphone Lumia high-end nya. Namun, marketshare Windows 10 Mobile yang semakin mengecil menjadikan teknologi Continuum semakin tidak relevan.

Dengan fakta bahwa sebagian besar smartphone yang beredar saat ini dilengkapi dengan sistem operasi Android, dua orang yang terbilang opportunist, Gordon dan Andrew, meluncurkan sebuah proyek melalui Kickstarter yang memungkinan smartphone Android terhubung dengan sebuah laptop pasif sehingga kita dapat bekerja layaknya menggunakan laptop biasa namun dengan aplikasi dan fungsionalitas sebuah smartphone Android.

Superbook - kickstarter.com

Superbook – kickstarter.com

Target awal pendaaan yang Gordon dan Andrew cari  adalah US$ 50 ribu, namun karena begitu banyaknya orang yang menginginkan produk ini segera menjadi kenyataan, sampai dengan tulisan ini dimuat, sudah terkumpul dana sekitar US$ 1,1 juta dengan sisa waktu pengumpulan dana yang masih 20 hari lagi!

Superbook, demikian produk ini dinamakan, pada dasarnya merupakan sebuah laptop pasif yang tidak memiliki processor dan memori internal sehingga keseluruhan operasional laptop dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan proses yang dimiliki smartphone yang dihubungkan.

Cukup hubungkan smartphone untuk mengaktifkan Superbook

Cukup hubungkan smartphone untuk mengaktifkan Superbook

Superbook memiliki spesifikasi sebagai berikut: Layar berukuran 11,6″ beresolusi HD, Keyboard fisik dengan tombol khusus khas Android, Trackpad multi-touch, serta baterai besar yang mampu membuatnya menyala selama paling tidak 8 jam penuh sambil mengisi daya baterai smartphone yang terhubung.

Superbook menjadi aktif bekerja seperti halnya sebuah laptop jika dihubungkan dengan sebuah smartphone Android yang telah dipasangkan aplikasi Andromium OS. Setelah terhubung dengan smartphone, maka seluruh aplikasi pada smartphone dapat diakses melalui Superbook dengan tampilan yang sudah disesuaikan. Asyiknya juga, koneksi data smartphone pun tetap aktif, sehingga setiap pesan SMS, WhatsApp, Telegram, atau aplikasi messenger yang lain dapat muncul langsung pada layar besar Superbook.

Superbook - kickstarter.com

Superbook – kickstarter.com

Superbook rencananya akan dirilis dengan harga mulai dari US$ 99 untuk versi basic, sungguh harga yang sangat masuk akal demi sebuah produktifitas.

Jika pembaca ingin mengetahui informasi mengenai proyek Superbook secara up-to-date, silakan mengunjungi situs Kickstarter ini.

(sumber: kickstarter.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s