Perang chipset belum berakhir, kali ini MediaTek menyerang dengan Helio X30

Helio X30Exynos 8890, Snapdragon 820, Helio X25, Snapdragon 821 merupakan beberapa contoh chipset high-end dari Samsung, Qualcomm, dan MediaTek yang selalu berusaha menggapai posisi performa tertinggi pada setiap iterasi produknya. Namun sepertinya perang performa ini tidak akan pernah usai, karena masing masing produsen diam diam sudah mempersiapkan generasi terbaru dari chipsetnya. MediaTek contohnya, walaupun chipset Helio X25 nya saat ini belum banyak digunakan oleh para produsen smartphone, namun MediaTek sudah memberikan bocoran spesifikasi teknis chipset Helio X30 yang rencananya akan diproduksi masal pada tahun 2017 nanti.

Helio X30 akan diproduksi pada fasilitas produksi milik TSMC menggunakan proses 10nm. Penggunakan proses produksi yang lebih canggih ini akan membuat X30 memiliki tingkat efisiensi daya yang jauh meninggalkan apa yang dicapai oleh X20 dan X25 yang masih menggunakan proses produksi 16nm. X30 disebut-sebut masih menggunakan desain 10-core dengan 3-cluster yang terdiri dari 4 core Cortex-A73 2,8 GHz, 4 core Cortex-A53 2,2 GHz, serta 2 core Cortex-A35 2 GHz.

Perbedaan signifikan yang dilakukan Mediatek pada chipset kesayangannya ini adalah disematkannya GPU PowerVR 7XT yang merupakan GPU yang juga digunakan oleh chipset-chipset seri A dari Apple. Pada jajaran chipset Helio sebelumnya, Mediatek menggunakan GPU dari ARM, yaitu Mali GPU. Pada beberapa benchmark yang telah dilakukan sebelumnya, GPU PowerVR secara umum memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan GPU Mali, disini terlihat sekali ambisi Mediatek untuk menjadikan Helio X30 untuk menempati tahta performa yang selama ini dipegang oleh chipset Apple, Qualcomm, dan Samsung secara bergiliran.

Helio X30 memiliki dukungan memori RAM LPDDR4 sampai dengan 8 GB, UFS 2.1 eMMC untuk media penyimpanan, Modem Cat 10 dan 12 LTE, serta mendukung dua kamera yang masing masing ber-resolusi sampai dengan 26 Megapixel.

Hasil benchmark awal Helio X30 sempat muncul pada situs Weibo, dan skor AnTuTu nya mencapai angka 160 ribu, terbilang sangat cepat, mengingat skor AnTuTu yang diperoleh Snapdragon 821 ada pada kisaran 155 ribu. Namun lagi-lagi, sudah pasti Qualcomm pun tidak akan tinggal diam menghadapi Helio X30 dan akan menyiapkan senjatanya sendiri. Lalu, siapakah yang akan menggapai tahta tertinggi pada tahun 2017 nanti? kita tunggu saja nanti sampai masing masing produsen mengeluarkan chipset versi produksinya.

(sumber: notebookcheck.net)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s